DUMAI – Pj Wali Kota Dumai, H Jonli, SSos, MSi bertindak sebagai Inspektur Upacara dalam Peringatan Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional 12 Januari-12 Februari 2021 di Halaman Kantor Bersama, Jalan HR Soebrantas pada hari Senin (15/02/2021).

Peringatan Bulan K3 ini dicanangkan oleh Menteri Ketenagakerjaan RI, Ida Fauziah dengan tema pokok ” Penguatan Sumber Daya Manusia yang Unggul dan Berbudaya K3 pada Semua Sektor Usaha”.

Adapun pejabat yang menjadi petugas upacara yaitu Imron Rosadi sebagai Perwira Upacara, Agustiawirman sebagai Komandan Upacara, Rice Rozalia sebagai Pembaca Teks UUD 1945, Zakaria sebagai Pembaca Doa, Herfina Herman sebagai Pembawa Acara, dan menampilkan Marching Band Bahana Gita Pratama dari Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Dumai.

Penerapan budaya K3 merupakan pondasi penting yang sudah ada sejak lama. Penerapan K3 ini sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1970 tentang Keselamatan Kerja. Meski telah ada regulasi serta penerapannya, angka kecelakaan kerja di Indonesia masih relatif tinggi.

“Momentum peringatan bulan K3 ini sangat tepat dan strategis untuk mendorong semua pihak agar berpartisipasi aktif membudayakan K3 di Indonesia. Semua pihak harus turun tangan untuk bekerja sama agar budaya K3 benar-benar terwujud di setiap tempat kerja dan lingkungan masyarakat umum di seluruh tanah air,” ujar Pj Wali Kota Dumai dalam kata sambutannya.

Terlebih dimasa pandemi ini, K3 merupakan aspek vital agar dunia kerja bisa produktif dan aman sehingga dapat menjaga keselamatan dan kesehatan pekerja. Oleh karena itu, penerapan budaya K3 bisa menjadi sebuah strategi teknis yang mudah dipahami dan diterapkan di semua sektor usaha.

Agar terciptanya K3 unggul, ada 3 hal yang harus terpenuhi. Pertama, komitmen dan kepemimpinan manajemen. Kedua, keterlibatan pekerja/buruh. Ketiga, tersedianya akses untuk memberikan masukan, kritik dan saran untuk perbaikan K3.

Turut hadir pada upacara tersebut rombongan Pengawas Ketenagakerjaan Disnakertrans Provinsi Riau, Forkopimda Kota Dumai, ASN dilingkup Pemko Dumai, dan GM Perusahaan se-Kota Dumai yang berkesempatan hadir.