Pj Wali Kota Dumai, H Jonli menghadiri Launching Uji Coba Penerapan Bukti Lulus Uji Elektronik (BLU-e) untuk Pelayanan Pengujian Kendaraan Bermotor bertempat di Unit Pelaksana Teknis Pengujian Kendaraan Bermotor (UPTPKB), Dinas Perhubungan Kota Dumai, Jalan Soekarno-Hatta, Kamis (11/02/2021).

Smart card (kartu pintar) yang diberi nama BLU-e langsung dikeluarkan oleh Kementerian Perhubungan. Data seluruh identitas kendaraan terpusat di Kementerian Perhubungan dan penggunaan BLU-e sendiri dapat mencegah potensi kebocoran Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari retribusi pengujian kendaraan bermotor.

Pj Wali Kota Dumai dalam sambutannya mengapresiasi dengan dilaunchingnya BLU-e ini. Beliau mengharapkan dengan dengan kehadiran BLU-e ini tidak ada lagi temuan pemalsuan seperti buku uji yang dahulu digunakan sebagai bukti uji kendaraan bermotor yang dilakukan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab.

Beliau juga mengatakan bahwa kartu pintar yang disematkan chip ini bisa mendeteksi data-data kendaraan bersangkutan, sebagai bukti uji kendaraan tersebut telah lolos beberapa uji kelayakan yang dilakukan secara berkala.

“Semoga dengan kecanggihan ini, potensi kebocoran Pendapatan Asli Daerah (PAD) dari retribusi pengujian kendaraan bermotor dapat diminimalisir atau bahkan tidak ada sama sekali,” harapnya.

Pada kesempatan tersebut, langsung dilakukan uji coba penerapan pengujian kendaraan bermotor menggunakan BLU-e dan penyerahan BLU-e kepada pemilik kendaraan.

Turut hadir diacara launching BLU-e yaitu Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah IV Riau Kepri, Ardono, perwakilan Forkopimda Kota Dumai, Inspektur Daerah Kota Dumai, Kepala Dinas Perhubungan Kota Dumai, Kepala Satpol PP Kota Dumai, dan Kepala Badan Kesbangpol Kota Dumai.