Dalam rangka Peringatan Hari Ibu (PHI) ke-92 Tahun 2020, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia menyelenggarakan acara puncak PHI dengan tema “Perempuan Berdaya Indonesia Maju”. Selasa (22/12/2020).

Acara puncak ini diselenggarakan secara virtual menggunakan aplikasi zoom meeting, dan dihadiri Ibu Wakil Negara, Hj Wury Ma’ruf Amin dan juga turut dihadiri Gubernur, Bupati/Walikota, Pengurus TP PKK Provinsi/Kab/Kota, Dinas PPPA Provinsi/Kab/Kota, dan Organisasi Wanita di seluruh Indonesia.

Pemerintah Kota Dumai turut hadir menyaksikan acara puncak Peringatan Hari Ibu ke-92 di ruang Command Centre Diskominfo Kota Dumai. Dalam hal ini dihadiri oleh Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra, H Hamdan Kamal.

Peringatan Hari Ibu dilakukan sebagai bentuk penghargaan terhadap perjuangan perempuan Indonesia. Tidak hanya menghargai jasa-jasa dari seorang Ibu, tetapi juga untuk perempuan secara menyeluruh.

Ibu Wakil Negara Republik Indonesia, Hj Wury Ma’ruf Amin dalam sambutannya mengingatkan kepada seluruh rakyat Indonesia terutama generasi muda, akan makna Hari Ibu sebagai hari kebangkitan dan persatuan serta kesatuan perjuangan kaum perempuan yang tidak terpisahkan dari kebangkitan perjuangan bangsa.

“Semboyan pada lambang Hari Ibu, “Merdeka Melaksanakan Dharma” yang mengandung arti bahwa persamaan kedudukan, hak, kewajiban dan kesempatan antara kaum perempuan dan kaum laki-laki harus tercapai. Kemitraan sejajar juga perlu diwujudkan dalam kehidupan berkeluarga, bermasyarakat, berbangsa dan bernegara demi keutuhan, kemajuan dan kedamaian Bangsa Indonesia,” ucapnya.

Usai mengikuti acara PHI ke-92, H Hamdan Kamal menyerahkan penghargaan terbaik II Perempuan Inisiator Provinsi Riau Tahun 2020 kepada Tri Mizha Susanti, merupakan warga Kelurahan Ratu Sima, Kecamatan Dumai Selatan. Penyerahan penghargaan ini disaksikan oleh Kepala Dinas PPPA Kota Dumai, Hj Dameria, Ketua IKD (Ikatan Keluarga DPRD) Kota Dumai, Ipda Yusneli, Perwakilan Dharma Wanita Persatuan Kota Dumai, Zuraidah Jaz, Kabid Pemenuhan Hak dan Perlindungan Anak Dinas PPPA Kota Dumai, Novia Andriani, dan Perwakilan Persit Chandra Kartika Kirana Dumai, Sri Triani.