Plh Walikota Dumai, Dr H M Herdi Salioso, SE MA menghadiri sekaligus memimpin Upacara Pelantikan Calon Taruna/Taruni Angkatan IV Politeknik Kelautan dan Perikanan Kota Dumai secara Virtual yang diselenggarakan di Gedung Aula Kampus Politeknik Kelautan dan Perikanan Kota Dumai. Senin (21/12/2020).

Dalam hal ini Plh Walikota Dumai melantik sebanyak 90 orang calon taruna/taruni secara virtual dan juga pemasangan evolet ke perwakilan Calon Taruna/Taruni yang didampingi oleh Direktur Politelnik Kelautan dan Perikanan Kota Dumai.

Plh Walikota Dumai dalam kata sambutannya mengucapkan selamat kepada taruna/taruni yang sudah dilantik. Semoga calon taruna dan taruni menjadi sumber insani yang produktif dalam memajukan peradaban bangsa ini kedepannya khususnya dibidang kelautan dan perikanan yang selama ini belum tergarap secara maksimal.

H Herdi Salioso menjelaskan, saat ini sektor kelautan dan perikanan memiliki posisi dan peran strategis dalam menjadikan negara ini sebagai poros maritim dunia. Hal ini perlu didukung dengan adanya kebijakan dan strategi agar mampu menghasilkan daya saing dan pertumbuhan ekonomi yang tinggi.

Tentu kita semua yakin, lanjutnya, sektor maritim tidak dapat dilepaskan dari fungsi ekonomi. Sebab, sumber daya alam (SDA) yang ada di laut, dalam bentuk apa pun, dapat dimanfaatkan untuk kesejahteraan masyarakat yang seluas-luasnya, terutama bagi nelayan-nelayan kita yang menggantungkan hidupnya di laut. Maka dari itu, demi mengoptimalkan pemanfaatan SDA, dibutuhkan peningkatan sumber daya manusia (SDM) baik dari segi kualitas maupun kuantitas. Oleh karenanya, sektor pendidikan memiliki peranan krusial dalam mendorong pengembangan sektor maritim.

“Untuk itu, selaku Pemerintah Kota Dumai, saya sangat menyambut baik dan antusias serta mendukung penuh program Politeknik Kelautan dan Perikanan Kota Dumai, yang Alhamdulillah, hari ini pelantikan taruna dan taruni kita laksanakan. Saya yakin, kondisi ini bisa menjadi salah satu faktor penyebab majunya Kota Dumai kedepan. Minimal, dampak positif yang bisa kita capai adalah terpenuhinya kebutuhan pendidikan tinggi sektor perikanan bagi putra putri Kota Dumai,” ucapnya.