DUMAI – Walikota Dumai, H Zulkifli AS menyerahkan hadiah dan penghargaan kepada Kecamatan Terbaik Tahun 2020 di ruang Media Center, Jalan Putri Tujuh. Selasa, 29 September 2020.

Penghargaan ini diberikan kepada Kecamatan terbaik setelah melalui penilaian oleh Tim Penilaian Evaluasi Kinerja Kecamatan (PEKK) tahun 2020, yang telah diselenggarakan pada 24 hingga 27 Agustus 2020 terhadap 7 (tujuh) Kecamatan di Kota Dumai.

Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, H Hamdan Kamal yang juga selaku Ketua Tim PEKK Kota Dumai dalam laporannya mengatakan bahwa penilaian ini dilakukan terhadap kinerja Kecamatan pada tahun sebelumnya, yaitu kinerja Kecamatan Tahun 2019.

Adapun indikator PEKK berpedoman pada Peraturan Gubernur Riau Nomor 19 Tahun 2019 tentang PEKK di Provinsi Riau dengan beberapa penyesuaian indikator sesuai dengan tupoksi Kecamatan. Pertama, Kompetensi Camat dan koordinasi urusan pemerintahan umum. Kedua, Koordinasi kegiatan pemerintahan kecamatan.

Ketiga, Pelaksanaan kewenangan yang dilimpahkan. Keempat, Penyelengaraan tugas lainnya. Dan terakhir, Inovasi Camat yang terkait dengan penyelengaraan publik

H Hamdan Kamal menyebutkan, berdasarkan keputusan Walikota Dumai Nomor : 598/APU/2020 tanggal 18 September 2020 tentang penetapan Kecamatan terbaik tingkat Kota Dumai dalam PEKK di Kota Dumai Tahun 2020.

“Terbaik I adalah Kecamatan Dumai Barat. Terbaik II, Kecamatan Sungai Sembilan dan Terbaik ke III, Kecamatan Dumai Kota,” sebutnya.

Selanjutnya, Kecamatan Dumai Barat sebagai Kecamatan Terbaik I akan diikutsertakan pada PEKK Tahun 2020 tingkat Provinsi Riau. Untuk itu, Tim Penilai Kota Dumai akan melakukan pembinaan lanjutan kepada Kecamatan Dumai Barat.

Dalam arahannya Walikota Dumai, H Zulkifli AS mengapresiasi kepada Kecamatan yang berprestasi. Walikota berharap melalui kegiatan PEKK yang menjadi salah satu upaya pembinaan Kecamatan ini dapat semakin meningkatkan motivasi para Camat agar bekerja lebih baik lagi.

H Zulkifli menambahkan, para Camat diharapkan juga dapat meningkatkan kreativitas dan inovasi dalam menyelenggarakan program pembangunan, inovasi dan kreativitas dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat serta bagaimana upaya dan kreativitas Camat didalam mengatasi permasalahan-permasalahan yang terjadi di wilayah Kecamatan, melalui jalur koordinasi dan kerjasama dengan stakeholder terkait.

Pada kesempatan tersebut, H Zulkifli AS menitip pesan kepada Kecamatan Terbaik I, Kecamatan Dumai Barat agar mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya dalam rangka mengikuti pelaksanaan PEKK oleh Pemerintah Provinsi Riau.

“Pertahankan dan tingkatkan prestasi pada masa yang akan datang. Dan kepada Kecamatan lain juga diharapkan pada masa yang akan datang bisa memperoleh predikat yang sama,” tutupnya.

Turut menghadiri penyerahan hadiah dan piagam penghargaan kepada Kecamatan Terbaik Tahun 2020 adalah Kepala Badan Kesbangpol Dumai, Kepala BPBD, Camat beserta Lurah, dan Kabag Pemerintahan.(diskominfo).