Pemerintah Kota Dumai melakukan Penilaian Evaluasi Kinerja Kecamatan (PEKK). Kegiatan PEKK ini dipimpin langsung oleh Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, H Hamdan Kamal.

Kegiatan berlangsung selama 4 hari, sejak tanggal 24 hingga 27 Agustus 2020 dan dilakukan terhadap tujuh (7) Kecamatan yang ada di Kota Dumai.

Beberapa OPD terkait turut mengikuti dan turun langsung ke tiap-tiap Kecamatan seperti, Inspektorat Kota Dumai, Bappeda, BKPSDM, BPBD, Dinas PMPTSP, Dinas LH, Kantor Satpol PP, Bagian Administrasi Pemerintahan Umum, dan Bagian Administrasi Pemberdayaan Masyarakat Kota Dumai.

Pada tahun 2020 inilah Pemerintah memulai pelaksanaan PEKK di lingkungan Pemko Dumai. Apabila nantinya hasil PEKK ini dipandang memenuhi syarat atau standarnya terpenuhi, maka tidak tertutup kemungkinan Kecamatan terbaik akan diikutsertakan dalam pelaksanaan PEKK tingkat Provinsi Riau.

H Hamdan Kamal mengatakan bahwa pelaksanaan PEKK merupakan salah satu upaya pembinaan kepada tiap Kecamatan, karna upaya pembinaan itu tidak hanya berupa pelatihan-pelatihan ataupun pembekalan.

“Saat ini kita dihadapkan dengan situasi yang serba terbatas. Namun, dengan keterbatasan ini Pemerintah sangat berharap agar aparatur Kecamatan dan Kelurahan memiliki semangat yang lebih untuk meng-Upgrade kemampuan, wawasan dan pengetahuan,” ucapnya.

Terkait hal tersebut, Asisten I mengajak aparatur Kecamatan dan Kelurahan agar selalu banyak membaca, khususnya hal-hal yang berkaitan dengan penyelengaraan Pemerintah serta mengikuti perkembangan dan perubahan peraturan perundangan yang terkait lainnya.

“Semoga dengan adanya kegiatan PEKK ini, timbul inovasi pada masing-masing wilayah Kecamatan, sehingga membuat penyelenggaraan Pemerintahan di tingkat Kecamatan dapat berjalan dengan lebih baik lagi,” harapnya.

Dalam kegiatan penilaian evaluasi kecamatan (PEKK) ada beberapa indikator yang dinilai oleh tim penilai yaitu, kompetensi Camat dan koordinasi urusan pemerintahan umum, koordinasi kegiatan pemerintahan kecamatan, pelaksanaan kewenangan yang dilimpahkan, penyelengaraan tugas lainnya serta inovasi Camat yang terkait dengan penyelengaraan publik.