Walikota Dumai, H Zulkifli AS secara resmi membuka Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Ke XVII tingkat Kota Dumai 1442 H/2020, bertempat di Masjid Taqwa, Jalan Jend. Sudirman. Jum’at (28/08/2020) malam.

Pelaksanaan seremonial MTQ Kota Dumai kali ini tentunya berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Biasanya pada perhelatan MTQ pasti dilaksanakan secara meriah. Namun pada kesempatan ini dilaksanakan secara sederhana disebabkan pandemi Covid-19.

Semua orang diharuskan untuk waspada, siaga, dan membiasakan diri dengan tatanan kehidupan baru. Maka dari itu protokol kesehatan tetap dikedepankan dalam pelaksanaan acara tersebut.

Dalam sambutannya, H Zulkifli AS mengatakan dimasa covid ini adalah saat yang tepat untuk mendidik anak agar membudayakan membaca Al-Quran.

“Karena kegiatan anak-anak kita lebih banyak dirumah, peran orang tua sangat penting untuk menumbuhkan kecintaan mereka terhadap Al-Quran,” ucapnya.

Walikota mengatakan agar pelaksanaan MTQ bukan cuma untuk mengejar prestasi. Mari kita jadikan momentum MTQ menjadi stimulus bagi umat Islam dalam pengembangan nilai-nilai dakwah yang bersumber dari kitab suci Alquran.

Ditempat yang sama, Ketua LPTQ Kota Dumai, H Herdi Salioso yang juga selaku Ketua Panita Penyelenggara MTQ XVII tingkat Kota Dumai tahun 2020 mengatakan bahwa MTQ XVII terdiri dari 7 cabang, yang diikuti sebanyak 179 peserta dari perwakilan Kecamatan se-Kota Dumai.

Cabang Tilawah mengutus 61 peserta, Cabang Qiraat mengutus 38 peserta, Cabang Tahfiz mengutus 17 peserta, Cabang Syahril mengutus 33 peserta, Cabang MMQ mengutus 9 peserta, Cabang Khat mengutus 17 peserta, Cabang Fahmil mengutus 15 peserta.

Pembukaan MTQ XVII tingkat Kota Dumai tahun 2020 ditandai dengan penekanan tombol sirine oleh Walikota Dumai, H Zulkifli AS bersama Forkopimda, Ketua LPTQ Kota Dumai dan Kepala Kantor Kemenag Kota Dumai.