DUMAI – Mencermati cuaca ekstrem yang terjadi di Kota Dumai beberapa hari belakangan ini, dan bahkan tadi malam diguyur hujan lebat yang menyebabkan beberapa ruas jalan dan pemukiman warga mengalami kebanjiran.

Menyikapi hal tersebut, Walikota Dumai H. Zulkifli AS didampingi Kepala Dinas Kominfo Mhd. Fauzan dan OPD terkait langsung melakukan tinjauan ke lapangan. Selain itu, Walikota juga menyaksikan proses normalisasi parit di jalan Janur Kuning, Kelurahan Jaya Mukti, Kecamatan Dumai Timur, Rabu (06/05).

H. Zulkifli AS mengatakan bahwa sebelumnya upaya pencegahan sudah dilakukan seperti  normalisasi drainase dan parit-parit, sehingga aliran air bisa berjalan dengan normal dan tidak tersumbat lagi, namun itu semua perlu didukung dengan kesadaran masyarakat akan lingkungannya.

“Saya berharap kepada masyarakat untuk menjaga kebersihan tempat tinggal maupun lingkungan sekitar. Jangan membuang sampah ke drainase maupun parit. Mudah-mudahan dengan langkah tersebut, banjir akibat hujan bisa diminimalisir”, harap Walikota.

Untuk mengantisipasi meluapnya drainase, lanjutnya, Saya ingin melibatkan semua pihak termasuk juga perusahaan-perusahaan yang beroperasi di daerah Kota Dumai.

“Saya ingin mereka (perusahaan) untuk ikut andil dan berpartisipasi membersihkan sekaligus melakukan pengerukan di beberapa saluran parit yang kondisinya saat ini mengalami pendangkalan”, ucap Walikota.(diskominfo).