DUMAI –Melihat kondisi dan situasi penyebaran virus Corona di berbagai daerah telah menyebar terutama di Pulau Jawa sekaligus menindaklanjuti Surat Edaran Gubernur Riau, Walikota Dumai H Zulkifli As mengintruksikan kepada seluruh anak sekolah yang berada di Kota Dumai libur selama dua pekan atau 14 hari.

“ Jadi untuk soal penyebaran Corona, seluruh anak didik baik yang belajar di sekolah swasta ataupun negeri dari tingkat TK sampai jenjang SMP kita liburkan selama dua pekan atau empat belas hari terhitung hari ini sampai 30 Maret 2020,” tegas Walikota Dumai melalui Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Dumai, Drs. Sya’ari, Senin (16/3) di ruang kerjanya.

Ia mengatakan selama libur, pegawai administrasi dan guru tetap masuk sekolah dan memberikan tugas kepada anak didik untuk mengisi waktu dan agar tidak ketinggalan pelajaran, selain itu kepada orangtua untuk membatasi kegiatan anak di luar rumah.” Meskipun libur, anak didik tetap menjalan tugas dirumah. Untuk orang tua mohon dipantau anak-anaknya dirumah,” harapnya.

Sementara itu, Kementerian Agama Kota Dumai, Syafwan menegaskan tentang penyebaran virus Corona ini, juga mengintruksikan kepada tenaga pengajar sekolah madrasah dan pondok pesantren setingkat TK hingga sekolah menengah atas untuk dapat meliburkan anak didiknya.

Untuk madrasah dan pondok pesantren yang sedang melaksanakan ujian akhir ditunda menunggu informasi selanjutnya. “ Selama ini mempunyai sistem pembelajaran klasik namun karena virus ini kita alihkan pada sistem pembelajaran di rumah dengan system e-learning atau belajar online,” jelasnya

Lebih lanjut Syafwan mengatakan para pendidik tidak diperkenankan mengumpulkan pelajar dan melakukan kegiatan yang mengumpulkan masyarakat, mengadakan perpisahan di ruangan terbuka serta dilarang menggunakan hotel atau ruang pertemuan. “ Jadi untuk itu sementara jangan dulu,” tegasnya lagi.