DUMAI – Walikota Dumai H. Zulkifli AS menghadiri Sosialisasi Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) tahun 2020 Kecamatan Bukit Kapur bertempat di Gedung Pendopo, Senin (02/03/2020).

Sebelum pembukaan sosialisasi yang diselenggarakan oleh Kantor Pertanahan Kota Dumai, dilakukan penyerahan hibah tanah dari Pemerintah Kota Dumai kepada kementrian ATR/BPN RI dan penyerahan sertifikat tanah aset Pemko Dumai yang disaksikan oleh seluruh tamu undangan.

Dalam kesempatan ini, pada kata sambutan Walikota menyampaikan bahwa PTSL menjadi salah satu program prioritas nasional Presiden. Hal itu dilakukan karena seringnya terjadi sengketa lahan, lantaran masyarakat tidak punya sertifikat sebagai tanda bukti hukum atas tanah yang dimiliki.

“Semua persiapan dan dukungan dari tingkat pusat kementrian, provinsi dan pemerintah kota sudah menyiapkan semuanya, sekarang tinggal bagaimana masyarakatnya guna mendukung program PTSL ini”, ujarnya.

Lebih lanjut Walikota berpesan khususnya kepada RT agar mengikuti sosialisasi dengan serius, agar nantinya dapat menyampaikan program PTSL ini dengan sebaik-baiknyanya kepada masyarakat.

Di tempat yang sama, Kepala Kantor Wilayah BPN Provinsi Riau M. Syahrir, A. PTNH.,SH.,MM menyampaikan, atas nama Mentri Agararia dan Tata Ruang RI mengucapkan terima kasih kepada Pemko Dumai atas hibah tanah ini.

“Hal ini sangat berharga dikarenakan kami sangat memerlukan lahan yang akan diperuntukan untuk bangunan sebagai tempat arsip sertifikat tanah yang kedepan akan semakin banyak”, ujarnya.

Kemudian beliau menyampaikan kedepan agar semua tanah masyarakat di Kota Dumai ini dapat tersertifikatkan melalui PTSL, semoga apa yang dicanangkan Kepala Kantor Pertanahan Dumai pada tahun 2023 Dumai menjadi Dumai lengkap.

“PTSL ini kan bersumber dari APBN, jadi kita peruntukan untuk masyarakat. Untuk tanah aset Kota Dumai memakai APBD sedangkan tanah aset pemko yang merupakan hibah dari perusahaan-perusahaan/CSR silahkan Pak Walikota perintahkan perusahaan dimaksud agar mengurus sertifikat tanah tersebut”, terangnya.