JAKARTA – Walikota Dumai menghadiri Rapat Koordinasi Nasional Bidang Perpustakaan Tahun 2020 yang secara resmi dibuka oleh Menteri Dalam Negeri Prof. H. Muhammad Tito Karnavian, Ph.D didampingi Kepala Perpustakaan Nasional Muhammad Syarif Bando di Ballroom Hotel Bidakara Jakarta, Selasa (25/02/2020).

Rakornas ini mengangkat tema “Inovasi dan Kreativitas Pustakawan Dalam Penguatan Budaya Literasi Untuk Mewujudkan SDM Unggul Untuk Indonesia Maju.” Rakornas dihadiri sekitar 1.500 peserta dari seluruh Indonesia yang berlangsung selama 3 hari pada tanggal 25 hingga 27 Februari 2020.

Adapun rakornas bertujuan menuntut para pustakawan dalam mengkolaborasikan sumber-sumber informasi sehingga masyarakat memperoleh kecakapan keterampilan yang berguna untuk meningkatkan kesejahteraan.

Dalam kesempatan ini Walikota Dumai Drs. H. Zulkifli AS, M.Si mengatakan, seperti yang kita tau literasi merupakan istilah umum yang merujuk kepada seperangkat kemampuan dan keterampilan individu dalam membaca, menulis, berbicara, menghitung dan memecahkan masalah pada tingkat keahlian tertentu yang diperlukan dalam kehidupan sehari-hari. Sehingga, literasi tidak bisa dilepaskan dari kemampuan berbahasa.

“Makanya di dunia pendidikan literasi individu harus kita galakkan begitu juga di kalangan masyarakat karna inilah yang diharapkan yakni mewujudkan SDM Unggul Untuk Indonesia Maju”, ujar H. Zulkifli AS.

Turut hadir pada rakornas Kabid Dinas Perpustakaan Kota Dumai, Ketua dan Sekretaris Asosiasi Tenaga Perpustakaan Sekolah Indonesia (ATPUSI) Kota Dumai.