DUMAI – Guna menggelorakan kembali semangat dan nilai-nilai bela negara bagi seluruh warga negara Indonesia khususnya bagi masyarakat Kota Dumai, Kementerian Pertahanan (Kemenhan) Republik Indonesia melalui Direktorat Jendral Potensi Pertahanan menggelar sosialisasi kesadaran bela negara lingkup pemukiman Kota Dumai, Provinsi Riau. Rabu (12/02/2020).

Sosialisasi dilaksanakan di Ballroom Hotel Grand Zuri Dumai selama 2 hari tanggal 12 hingga 13 februari 2020, yang diikuti sebanyak 200 peserta yang meliputi Camat se-Kota Dumai, Lurah se-Kota Dumai, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, dan organisasi.

Dalam sambutannya, Direktur Bela Negara Ditjen Potensi Keamanan (Pothan) Kemenhan Brigjen TNI Jubey Levianto, S.Sos.,MM mengatakan, Bela negara adalah tekad sikap dan perilaku serta tindakan warga negara baik secara perorangan maupun kolektif dalam menjaga kedaulatan negara keutuhan wilayah dan keselamatan bangsa.

“Negara yang dijiwai oleh kecintaannya kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan undang-undang dasar negara Republik Indonesia tahun 1945 dalam menjamin kelangsungan hidup bernegara dari berbagai ancaman. Oleh sebab itu, saya mengajak seluruh komponen bangsa untuk bersama-sama menggelorakan kembali semangat dan nilai-nilai bela negara bagi seluruh warga negara khususnya bagi lingkungan masyarakat di Kota Dumai”, ujarnya.

“Bela negara bukan wajib militer, bela negara bukan merupakan metamorfosa atau militerisme gaya baru tetapi bela negara merupakan hak dan kewajiban seluruh warga negara Indonesia untuk berperan serta dalam upaya mempertahankan eksistensi bangsa dan negara Indonesia sesuai dengan status dan profesinya masing-masing”, terangnya.

Melalui kegiatan ini pula beliau berharap kepada saudara-saudara yang ada di Kota Dumai dapat berperan sebagai duta-duta yang mengharumkan dan membanggakan bangsa Indonesia sekaligus menjadi Garda terdepan dalam mengaktualisasikan dan menyebarluaskan nilai-nilai bela negara kepada masyarakat Kota Dumai dan sekitarnya serta masyarakat Indonesia pada umumnya.

Sementara itu, ditempat yang sama, Walikota Dumai dalam hal ini diwakili Staf Ahli Amirudin menyampaikan, walaupun tanah air ini menerpa berbagai persoalan, cinta tanah air tetap kita tumbuhkan, cinta kepada saudara-saudara kita yang membutuhkan uluran tangan kita tetap kita berikan, cinta kepada alam yang tumbuh beraneka warnanya di bumi Indonesia tetap kita semaikan.

“Tanpa ada cinta, tanpa ada kasih sayang diantara kita, sesama kita, dan tanpa ada persatuan diantara kita, percayalah Bela Negara yang kita gaungkan terus menerus dari Sabang sampai Merauke belum membuahkan hasil secara maksimal dan hanya sebagai statement belaka”, ujar Staf Ahli.

Diakhir sambutannya, atas nama pemerintah dan masyarakat Kota Dumai Staf Ahli Amirudin menyampaikan terima kasih kepada Kementerian Pertahanan Republik Indonesia melalui Bapak Direktur Bela Negara Ditjen Potensi Keamanan (Pothan) Kemenhan yang telah melaksanakan sosialisasi di Kota Dumai.

“Mudah-mudahan sosialisasi yang merupakan pertama kalinya dilaksanakan di Provinsi Riau, Kota Dumai dapat berjalan sebagaimana yang kita harapkan, dan kepada peserta sosialisasi diharap dapat mengikuti dengan sungguh-sungguh sehingga nanti apa yang disampaikan oleh narasumber kita dapat diaplikasikan di lapangan”, tutup Amirudin.

Adapun narasumber pada kegiatan sosialisasi hari ini Kepala Dinas Kesbangpol Kota Dumai Eko Wardoyo dengan materi Wawasan Kebangsaan, Kepala Dinas Kominfo Kota Dumai Drs. Mhd. Fauzan (Bijak Bermedia Sosial), dan Kepala BNN Kota Dumai AKBP Thamrin Parulian (Bahaya Narkoba dan Penanggulangannya).

Hadir pada kegiatan tersebut Forkopimda Kota Dumai, anggota DPRD Kota Dumai, Kasubdit Lingkim Dit Bela Negara Ditjen Pothan Kemenhan Kolonel Lukitho Hadi Iswanto, Kepala Kanhan Provinsi Riau Kolonel Arh Halongan Fredi Sitinjak, Kasi anev Subdit Lingkim Kemenham Totok Yus beserta staf Rita Very, Sunarto, dan Totong Warisman serta tamu undangan lainnya.