Dumai – Walikota Dumai dalam hal ini diwakili Asisten II Setdako Dumai H. Syahrinaldi, S.Sos, M.Si yang saat ini juga menjabat Plt. Kepala Dinas Kesehatan hadir pada acara peresmian Rumah Tunggu Kelahiran (RTK) Kota Dumai.

Turut hadir Ketua TP PKK Kota Dumai Hj. Haslinar, S.Sos, M.Si sekaligus meresmikan RTK di Jl.Raya Bukit Datuk Gg. A. Samad, Kelurahan Bukit Datuk Kecamatan Dumai Selatan, Senin(10/02).

Selain itu, acara juga dihadiri oleh Camat Dumai Selatan Selatan Yudha Pratama Putra, Lurah se-Kecamatan Dumai Selatan, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) Kota Dumai Hj. Dameria serta beberapa Tenaga Kesahatan, dan tamu undangan.

Dalam sambutannya Ketua TP PKK Kota Dumai Hj. Haslinar menyampaikan fungsi dari rumah tunggu yang sangat membantu untuk ibu-ibu hamil saat melahirkan.

“Rumah Tunggu Kelahiran ini adalah suatu tempat yang berada di dekat fasilitas pelayanan kesehatan (Fasyankes) rumah sakit dengan jarak tempuh kurang lebih 30 menit sudah sampai di RTK dan ini dapat digunakan sebagai tempat tinggal sementara bagi ibu hamil”, ujar Haslinar.

Ia mengatakan, nantinya ada pendamping selama beberapa hari sebelum saat persalinan tiba, rumah ini di utamakan untuk mereka yang kesulitan dalam akses ke rumah sakit.

Kemudian Plt. Kadinkes H. Syahrinaldi dalam sambutannya menyampaikan harapannya kepada seluruh Camat, Lurah, RT untuk menggencarkan sosialisasi kepada masyarakat.

“Saya atas nama pemerintah Kota Dumai, berharap kepada seluruh Camat, Lurah dan RT untuk menggencarkan sosialisasi keberadaan rumah tunggu kelahiran ini kepada masyarakat, sehingga berfungsi seperti apa yang diharapkan masyarakat selama ini dan tenaga medis yang berjaga di harapkan terus semangat dalam menjalankan tugas yang diberikan”, ujarnya mengakhiri.