DUMAI – Kamis (30/01/2020) Pemerintah Kota Dumai dan unsur Forkopimda, melakukan video conference bersama Kapolda Riau Irjen Agung Setya Imam Effendi bertempat di ruang vicon Kepolisian Resor (Polres) Dumai lantai II, Dumai.

Kegiatan ini dilakukan untuk mengantisipasi penanganan dini kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Kota Dumai dan Riau pada umumnya, yang  diikuti oleh  Polres dan Polresta dari Jajaran Polda Riau.

Pada video conference Kapolda Riau memberikan arahan untuk terus melakukan upaya pengawasan dan penanganan sedini mungkin jika memang terjadi karhutla.

Walikota Dumai yang diwakili oleh Sekretaris Daerah Herdi Salioso membahas bagaimana persiapan menghadapi 2020 terutama bencana alam karlahutla.

“Bencana Karhutla ini bukan hanya tanggungjawab pemerintah, TNI dan Polri saja namun merupakan tanggungjawab sosial kita bersama, baik masyarakat, stakeholder maupun perusahaan swasta yang ada di Kota Dumai”, ujar Sekda.

Lebih lanjut, Herdi Salioso menyampaikan, sesuai dengan himbauan Walikota Dumai, perusahaan-perusahaan yang ada di Dumai harus memiliki tim khusus dan peralatan pemadaman kebakaran dan siap dilibatkan untuk membantu proses pemadaman kebakaran.

“Sampai saat ini masih ada perusahaan yang masih belum komit dalam pencegahan kebakaran hutan dan lahan sesuai dengan himbauan walikota, dan kita akan melakukan evaluasi pada perusahaan yang belum komit dengan himbauan yang ada,” terang Sekda.