DUMAI – Pemerintah Kota Dumai bekerjasama dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Dumai memperketat pemeriksaan kesehatan penumpang di Pelabuhan Internasional untuk mencegah masuknya Virus Corona.

Walikota Dumai H. Zulkifli AS memantau secara langsung pemeriksaan kesehatan terhadap penumpang di pelabuhan. Senin (27/01/2020).

Sesuai info dari Kementrian Kesehatan RI, dari puluhan pelabuhan Internasional yang ada di Indonesia, Kota Dumai tidak termasuk wilayah waspada Virus Corona.

Namun Walikota menyampaikan kita tetap harus waspada, untuk itu kita melakukan persiapan untuk mencegah hal ini. Pemko Dumai telah bekerjasama dengan berbagai pihak untuk mengantisipasi virus corona, dengan memperketat penjagaan di pelabuhan Internasional hingga pemasangan alat pendeteksi peningkatan suhu tubuh (thermal scanner) di area kedatangan.

“Siapapun dari luar yang datang ke Kota Dumai melalui jalur transportasi laut (kapal), harus dilakukan pemerikasaan menggunakan thermal scanner.” Ujarnya.

Selain itu, Pemko Dumai telah mempersiapkan dua ruangan khusus di RSUD apabila ada penumpang atau masyarakat Dumai yang terjangkit virus.

“kita sudah siapkan dua tempat isolasi untuk perawatan di RSUD, khusus menangani orang yang terkena gejala corona dan sesuai dengan standar pelayanan”. Terang Walikota.

“Saya menghimbau kepada masyarakat Kota  Dumai, waspada penting tapi jangan ini menjadi keresahan kita, karena Pemerintah sangat mengantisipasi.” Himbau Walikota.