DUMAI – Pentingnya pendampingan Advokasi Program Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (KKBPK), Pemerintah Kota Dumai menyambut baik dan mengapresiasi gelar kegiatan Badan Kependudukan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Riau.

Adapun gelar acara tersebut dilaksanakan di Hotel Grand Zuri Dumai, Senin (02/12).

Seluruh mitra kerja dan stakeholder hadir, Forkopimda, Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Riau Drs. Agus P. Proklamasi, MM, Ketua Dharma Wanita Persatuan Kota Dumai Dra. Hj. Gina Marthiah, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Dumai H. Yusrizal, S.Sos, M.Si, Perwakilan Dinas Pendidikan Provinsi Riau Dedi Desmon, MPd serta tamu undangan lainnya.

Kegiatan ini diikuti sebanyak 35 peserta dari mitra kerja dan stakeholder terkait. Secara resmi dibuka oleh Kepala BKKBN Provinsi Riau Drs. Agus P. Proklamasi, MM. “Ini merupakan konsolidasi dalam advokasi / pengembangan dan pendampingan pelaksanaan program KKBPK bagi mitra kerja tingkat Kota Dumai,” ucap Agus.

Dengan adanya perubahan zaman, terlebih pada anak-anak millenial yang serba teknologi digitalisasi, advokasi / pendampingan harus dilakukan. Generasi muda saat ini memiliki kemampuan lebih untuk melakukan sesuatu dalam menunjang kinerjanya, mereka ingin mengetahui secara langsung dan apa goldnya.  Maka dari itu mitra kerja, perlu lakukan advokasi / pengembangan sesuai perubahan zaman kesemua stake holder yang ada untuk kemajuan program KKBPK di Kota Dumai. Kota Dumai lebih cepat pembaharuannya dibanding daerah lain, selain Kota Pekanbaru.

Sampai saat ini, Kota Dumai telah memiliki 7 kampung KB yang berada disetiap kecamatan, dan 30 sekolah siaga kependudukan. Pencapaian ini tidak lepas dari dukungan dan bimbingan oleh ketua Koalisi Kependudukan Indonesia (KKI) Kota Dumai Hj. Haslinar Zulkifli AS, S.Sos, M.Si sekaligus Ketua TP-PKK Kota Dumai.

Walikota Dumai Drs. H. Zulkifli AS, M.Si melalui Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Dumai H. Yusrizal, S.Sos, M.Si mengatakan, Pemerintah Kota Dumai sangat mengapresiasi dan menyambut baik kegiatan ini, merupakan sesuatu yang perlu dan penting didalam memberikan pemahaman dan keyakinan kepada mitra kerja.

“Kita sangat konsen terhadap komunikasi yang kita lakukan terhadap mitra kerja, karena kita melaksanakan kegiatan mitra kerja ini bersama dengan stakeholder, baik yang ada dilingkungan pemerintah Kota Dumai maupun diluar lingkungan Kota Dumai”.

Kabid Pengendalian Penduduk, Penyuluhan dan Penggerakan Dinas PPKB Kota Dumai Shintia Riza, SKM, M.Si juga memberikan materi sosialisasi Perwa No. 71 tahun 2018 tentang Gerakan Peduli Kampung KB.

“Perwa ini merupakan bentuk dukungan pemerintah Kota Dumai dalam program KB. Dengan adanya Perwa ini diharapkan bisa menjadi acuan dalam pengembangan program Kampung KB untuk semua sektor, sehingga seluruh program dan kegiatannya dapat diimpementasikan secara nyata dan berkualitas”, ucap Shintia Riza. (Diskominfo).