DUMAI – Pemerintah Kota Dumai bertekad untuk meminimalisir tingkat kesalahan dalam memproses pengelolaan keuangan daerah. Upaya itu dicapai dengan meningkatkan kompetensi aparatur pengelola keuangan daerah dalam mengelola keuangan daerah di lingkungan Pemko Dumai.

“Fakta empiris menunjukkan bahwa hingga saat ini kemampuan me-manage keuangan pada instansi pemerintah masih belum sempurna. Ini akibat masih terjadinya perubahan dan penambahan aturan. Karenanya Pemko Dumai terus melakukan penyempurnaan agar tingkat kesalahan dapat diminimalisir,” ujar Sekretaris Daerah Kota Dumai H. Herdi Salioso saat membuka Bimbingan Teknis Pengelolaan Keuangan Daerah, Senin (4/11) di Hotel Grand Zuri Dumai.

Herdi berharap melalui Bimtek ini bisa meningkatkan kompetensi aparatur Pemerintah Kota Dumai. Khususnya bagi petugas Pengelola Keuangan dalam melaksanakan pengelolaan keuangan daerah di lingkungan Pemko Dumai.

Herdi menyebut penatausahaan pelaksanaan anggaran yang dilaksanakan oleh bendahara merupakan salah satu aktivitas yang penting dalam rangka mewujudkan terciptanya pengelolaan keuangan daerah yang tertib, efisien dan efektif. Sehingga perlu bimbingan teknis terus menerus guna memantapkan pemahaman terhadap pelaksanaan tugas-tugas bendahara. Baik bendahara penerimaan dan pengeluaran di OPB maupun bendahara di PPK.

Ia meminta para pengelola keuangan harus dan pihak-pihak yang berurusan dengan keuangan agar bisa memahami aturan di bidang keuangan yang menjadi landasan kebijakan pengelolaan keuangan. Diantaranya UU Nomor 25 Tahun 2004, UU Nomor 17 Tahun 2003, UU Nomor 1 Tahun 2004, UU Nomor 15 Tahun 2004 dan UU Nomor 33 Tahun 2004.

“Ini sangat penting. Terutama bagi orang keuangan harus bisa memahami norma dan aturan di bidang keuangan. Setiap orang keuangan dalam bekerja harus bisa menunjukkan posisinya sebagai pengelola keuangan,” imbau Herdi.

Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kota Dumai Yufrizal menyebutkan Bimtek dimaksudkan untuk membantu seluruh aparatur yang bertanggungjawab pada OPD di lingkungan Pemerintah Kota Dumai untuk meningkatkan profesionalisme dan memberikan pemahaman yang baik dan benar tentang mekanisme dan prosedur pelaksanaan Pengelolaan Keuangan Daerah dalam Penatausahaan Pengeluaran dan Pertanggungjawaban serta pelaporannya di lingkungan Pemerintah Kota Dumai.

“Targetnya, meningkatnya kualitas SDM yang benar-benar memahami dan profesional serta bertanggungjawab atas pertanggungjawaban keuangan,” ujar Yufrizal. (Diskominfo).