*Wakil Walikota Dumai : Jalesveva Jayamahe Indonesia

DUMAI – Wakil Walikota Dumai Eko Suharjo, SE hadir pada kegiatan penanaman 4500 pohon mangrove di Dermaga Lanal, Kelurahan Bangsal Aceh Kecamatan Sungai Sembilan, Senin (07/10/2019).

Turut hadir pada kegiatan ini Danlanal Dumai Kolonel Laut (P) Wahyu Dili Yudha Hadianto, Kapolres Dumai AKBP AKBP Andri Ananta Yudistira, Dandim 0320 Dumai Lekol Inf Irdhan SE, MM, Dansat Radar 232 Dumai, Letkol (Lek), Candra Kelana Wirabhati, Danden Rudal, Kepala Bea Cukai Dumai serta peserta upacara penanaman mangrove.

Wakil Walikota Dumai Eko Suharjo, SE dalam sambutannya mengatakan “Kita semua disini turut melestarikan Laut Dumai kita, ini semua untuk kepentingan kita bersama, mari kita bangun kekompakan dan sinergi kita bersama untuk melestarikan laut kita, dikarenakan Negara yang besar terkenal dengan lautnya yang bersih, untuk itu mari kita bahu membahu menjaga kebersihan Laut Kota Dumai, Jalesveva Jayamahe.”

Hadirnya Hutan Mangrove sangat berperan penting dalam menjaga  garis pantai agar tetap stabil. Mengingat, kehadiran populasi pohon dan semak yang ada pada hutan mangrove tersebut dapat melindungi tepian pantai dari terjangan ombak langsung yang berpotensi menghantam dan merusak bibir pantai. Selain itu, peran penting Hutan Mangrove lainnya yakni melindungi pantai dari kerusakan, seperti erosi dan abrasi.

Kegiatan ini diselenggarakan oleh TNI Angkatan Laut (AL) Dumai dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun Ke – 74 Tentara Nasional Indonesia (TNI). Di HUT kali ini TNI AL berhasil memecahkan rekor MURI, yang secara Nasional menanam 300.074 pohon mangrove serentak Se-Indonesia.(Diskominfo).