DUMAI – Pemerintah Kota Dumai menggelar sosialisasi Pola Asuh Anak dan Remaja (PAAR) dalam mempersiapkan generasi berencana (Genre). Kegiatan ini merupakan kerjasama antara Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) dengan Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPPA) Kota Dumai pada Forum Masyarakat Kelurahan Tanjung Penyembal, Kamis (26/09).

Pada kesempatan ini, Kepala Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Dumai H. Yusrizal, S.Sos, Msi yang diwakili oleh Sekretaris Dinas PP dan KB Hj. Elywarti, SKM menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan suatu upaya bagi orang tua untuk dijadikan pengetahuan dalam melaksanakan tugas terutama ibu sebagai pendidik utama agar anak dan remaja belajar memahami dan mempraktikan perilaku hidup sehat dan berakhlak untuk mencapai ketahanan anak dan remaja sebagai dasar mewujudkan Generasi Berencana (GenRe).

Tampak hadir pada kegiatan ini Kabid Keluarga Sejahtera DPPKB Messynesia SKM , Kasi Bina Keluarga Remaja DPPKB Syarifah Susilawaty SKM serta PKB dan PLKB yang merupakan perpanjangan tangan DPPKB di lapangan.

Sebagai narasumber, Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak  Hj. Dameria, SKM, M. Si menjelaskan maksud dan tujuan kegiatan ini adalah salah satu bentuk wujud Implementasi dari Tim Terpadu Perlindungan Perempuan dan Anak di Kecamatan Sungai Sembilan, Kota Dumai. “Semoga dengan dilaksanakannya kegiatan ini semakin banyak  yang peduli terhadap  Perlindungan Perempuan dan Anak di Kota Dumai,” ujar Kadis DPPA di Aula Kantor Lurah Tanjung Penyembal.

Beliau juga menambahkan,“Melalui Sosialisasi ini diharapkan nantinya akan ada generasi muda yang tangguh dan berakhlak mulia.”

Kabid Pemenuhan Hak dan Perlindungan Anak DPPA Novia Andriani, S.Kep, M.Si juga memberikan materi sebagai narasumber.

“Generasi yang memiliki masa depan lebih baik, oleh karena itu perlu peran serta masyarakat khususnya orang tua terhadap anak-anak dalam proses tumbuh kembang yang sehat secara fisik dan mental sesuai dengan usia anak agar mereka menjadi generasi muda yang hebat,” ungkap Novia Andriani.

Selain sosialisasi tentang PAAR, kegiatan ini juga diisi materi Wawasan Kebangsaan (bela Negara) yang disampaikan langsung oleh Babinsa Kecamatan Sungai Sembilan Khoriyanto.

Wawasan Kebangsaan pada hakekatnya adalah hasrat yang sangat kuat untuk kebersamaan dalam mengatasi segala perbedaan dan diskriminasi. Bela negara adalah sikap dan perilaku warga negara yang dijiwai oleh kecintaannya kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 dalam menjalin kelangsungan hidup bangsa dan negara seutuhnya.

Kegiatan Sosialisasi ini dihadiri Tokoh Masyarakat, Kader, Karang Taruna/Ikatan Remaja dan Ketua LPMK Kelurahan Tanjung Penyembal (Diskominfo).