Dumai – Dengan Tema Membangun Kolaborasi Penuntasan Kawasan Kumuh Dengan Prioritas Water dan Sanitasi, Walikota Dumai yang diwakili oleh Asisten III Administrasi Umum H. Khairil Adli menghadiri sekaligus membuka secara resmi acara Kegiatan Lokakarya Program Kota Tanpa Kumuh National Slum UPGRADING Program (Kotaku-NSUP) Kota Dumai Tahun 2019, bertempat di Hotel Comfort Dumai, Rabu (25/09).

Tampak hadir dalam kegiatan tersebut, Kepala Balai Prasarana Pemukiman Wilayah Provinsi Riau, Team Leader beserta Tenaga Ahli KMW OC 3 Provinsi Riau, Pokja PKP, Camat dan Lurah Se-Kota Dumai, serta Tim Korkot dan Tim Faskel Kotaku Kota Dumai.

Pada Kesempatan ini Walikota Dumai yang wakili oleh Asisten III mengatakan, “Solusi permasalahan kumuh yang ada di masyarakat tidak terlepas dari peran serta seluruh Stakeholder yang berkomitmen. Dan salah satu Program yang intens untuk masalah kumuh adalah Program Kota ku, baik secara pemberdayaan masyarakat maupun bantuan pendanaan.”

“Mengingat keterbasan anggaran, Program Kota-ku ini sangat membantu Pemerintah Kota Dumai dalam memberikan solusi permasalahan kumuh yang ada di masyarakat,” tambah Khairil Adli.

“Ditahun 2014 kami telah menetapkan 17 lokasi peningkatan dengan total luasan kumuh mencapai 127,60 Hektar, yang tersebar di Kelurahan, dan selanjutnya di Tahun 2018 kami bersama Pokja PKP dan Tim Satker PIP Kota Dumai melakukan perhitungan pengurangan kumuh kota Dumai. Dan didapatilah pengurangan kumuhnya adalah sebesar 60,83 Hektar dan menyisakan 66,77 Hektar yang masih butuh penanganan, dan ini harus menjadi perhatian kita bersama. Agar sisa kumuh ini dapat di selesaikan di Tahun 2019,” jelas Khairil Adli selanjutnya.

Walikota Dumai H. Zukifli AS juga berpesan kepada pelaksana kegiatan untuk menjaga kualitas serta kuantitas pembangunannya, dengan memperhatikan aspek standart teknis dan pelaksanaannya tepat waktu, laporannya benar -benar  transparan, dan hasilnya bisa merubah wajah lingkungan permukiman yang semula kumuh menjadi indah dipandang.

Harapan Walikota melalui acara Lokakarya ini kepada seluruh pihak dapat menghasilkan bentuk kegiatan Kolaborasi yang mampu dan nyata Berkontribusi terhadap penanganan kumuh Kota Dumai, sehingga Target 0 Kumuh di Tahun ini dapat dicapai.(Diskominfo).