* Pj Sekda Hadiri Kegiatan Gerakan Bersih Laut dan Pantai

DUMAI – Penjabat Sekretaris Daerah Kota Dumai Hamdan Kamal menghadiri kegiatan gerakan bersih laut dan pantai yang dilaksanakan Jendral Perhubungan Laut.

Kegiatan bersih laut dan pantai yang dilaksanakan Kamis (12/9) pagi di dermaga D Pelindo , Jalan Bahtera, Kecamatan Dumai Kota ini, merupakan rangkaian kegiatan peringatan Hari Perhubungan Nasional.

Dalam amanatnya Kepala Distrik Navigasi Dumai Raymond Sianturi selaku pimpinan apel membacakan sambutan Menteri Perhubungan Republik Indonesia Budi Karya Sumadi.

“Dalam rangka menyambut Hari Perhubungan Nasional (Harhubnas) tahun 2019 berbagai kegiatan di gelar untuk menyemarakkan Harbubnas sebagai mana yang di lakukan oleh Direktorat Perhubungan Laut yang menginspirasi kegiatan bersih laut dan pantai yang di lakukan serentak di seluruh pelabuhan di Indonesia.”ujarnya.

“Kegiatan bersih laut dan pantai di latar belakangi oleh adanya fakta bahwa Indonesia merupakan negara penyumbang sampah plastik kelautan terbesar ke dua di dunia, Berdasarkan data dari Asosiasi Industri Plastik Indonesia (INAPLASI) dan Badan Pusat Statistik (BPS) sampah plastik di Indonesia mencapai 64 juta ton/tahun, di mana sekitar 3,2 juta ton sampah plastik yang di buang ke laut.

Selanjutnya Raymond Sianturi Kepala Distrik Navigasi Dumai menambahkan, “Melalui gerakan ini kami mengajak masyarakat Indonesia untuk sama-sama membersihkan sampah di laut dan pantai di sekitar kita agar mengurangi dampak pencemaran dan kerusakan lingkungan, karena jika pantai dan laut bersih pasti akan membawa perasaan kita menjadi nyaman dan senang serta dalam jangka panjang dapat menjadi investasi bagi generasi penerus kita.”tuturnya Raymond Sianturi di akhir penutup pidatonya.

Terpisah, Penjabat Sekdako Dumai Hamdan Kamal menyambut baik kegiatan bersih laut yang diselenggaran oleh Distrik Navigasi Dumai.

“Kegiatan ini sangat positif dan hendaknya akan terus berlangsung serta diikuti oleh sejumlah pihak lainnya guna memastikan laut dan pantai kita di Dumai bersih dari sampah,” ujar Hamdan Kamal.

Di katakan Pj. Sekda, Dumai merupakan kota industri dan pintu gerbang masuknya masyarakat dari luar ke Provinsi Riau. Sebagai pintu masuk di Provinsi Riau Dumai mempunyai tanggungjawab untuk tampil cantik dan bersih agar setiap orang yang datang ke Riau merasa nyaman dan kembali lagi ke Riau.

“Kegiatan ini juga bersinergi dengan program pembangunan Walikota Dumai H. Zulkifli As dan Wakil Walikota Dumai Eko Suharjo yang ingin Dumai menjadi kota Industri yang asri dan hijau. Kita lihat sekarang sepanjang jalan protokol di Kota Dumai sudah memiliki pulau jalan dengan sejumlah pohon nan hijau sehingga enak dipandang masa selain baik untuk kesehatan,” ujarnya.

Secara umum kita sangat mendukung kegiatan ini dan diharapkan akan terus berkesinambungan serta diikuti oleh sejumlah pihak lainnya.

“Kami juga menghimbau kepada masyarakat untuk lebih memperhatikan masalah kebersihan seperti dengan tidak membuang sampah sembarangan serta meminimalisir penggunaan kantong plastik sebagai sampah yang sulit untuk diuraikan,” pungkas Hamdan Kamal.(Diskominfo).