DUMAI–Upaya mediasi antara pekerja dengan perusahaan sehubungan laporan pembayaran Tunjangan Hari Raya (THR) masih berlanjut. Bahkan satu laporan diserahkan kepada Pengawas Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Propinsi Riau.

Kepala Bidang Hubungan Industrial dan Syarat Kerja, M. Fadly, Disnakertrans Kota Dumai melalui staff, Gurniawan, menyampaikan bahwa dari laporan yang diterima semuanya telah dilakukan upaya perundingan. Sesuai mekanisme hukum ketenegakerjaan telah dilalui. Namun tidak semua laporan bisa menghasilkan kesepakatan sebagaimana diinginkan.

“Seperti laporan dari pekerja PT. RPO. Kita telah memanggil masing-masing pihak sebanyak tiga kali, tetapi pihak perusahaan tidak pernah hadir. Makanya mediator membuat produk anjuran untuk diselesaikan oleh pengawas ketenagakerjaan. Sebenarnya ini merupakan ranah mereka. Karena pengawas tidak ada di kota jadi kita upayakan membantunya”katanya kepada infopublik.dumaikota.go.id, Selasa (2/7).

Sementara itu, mediasi dengan PT. CMKI akan dilanjutkan pada perundingan ketiga. Untuk PT. PLP pada mediasi yang dilaksanakan Senin (1/7) pagi telah mencapai kesepakatan dengan dilakukannya pembayaran hak pekerja oleh perusahaan. “Alhamdulillah sudah PB (Perjanjian Bersama) pak. Perusahaan mau membayar sesuai yang disepakati dengan pekerja”ujarnya.(Diskominfo)