DUMAI—Pj Seketaris Daerah (Sekda) Kota Dumai, H. Hamdal Kamal menutup Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) Tingkat Kecamatan Bukit Kapur, Malam Kamis (26/06).

Sebelumnya, Pj Sekda mengatakan diacara tersebut, Al-Quran dan Sunnah Rasul  mengajarkan kepada Umat Islam agar menjadi bangsa yang selalu bersikap optimis. “ Kepada kita diajarkan etos kerja yang positif karena Islam meminta kita untuk tidak melupakan nasib kita di dunia, disamping tentunya menabung amal untuk kehidupan akhirat,” sebutnya

Sehingga dalam menghadapi situasi kondisi dan tantangan apapun, selaku kaum muslimin telah ditempa untuk tetap percaya diri, serta percaya terhadap bimbingan dan lindungan Allah SWT.

“ Untuk itu dengan hati yang bersih, niat yang ikhlas, dan langkah-langkah yang rasional, marilah kita bersama-sama menjaga rahmat Allah yang dilimpahkan kepada kita dengan membangun negeri tercinta ini menuju sebuah negeri yang makmur dibawah ampunan dan Ridho-Nya,” ujarnya.

Ia mengatakan, Al-Quran diturunkan oleh Allah SWT dengan tujuan agar kasih sayang dan pedoman hidup dijalan yang lurus dapat dipahami secara jelas  selaku hamba Allah. Karena itu, sebagai seorang muslim kita berkewajiban untuk menggali hikmah dan makna yang terkandung dalam kitab suci Al-Qur’an.

Dimana menurut ulama, kemampuan dalam memahami Al-Qur’an itu dibedakan dalam beberapa tingkatan. Ada pemahaman harfiah yang dapat ditangkap oleh orang awam. “ Namun diatasnya terdapat tingkat-tingkat pemahaman yang memerlukan ketekunan dan kesungguhan lebih untuk dapat memahami arti dan tafsir sesungguhnya,” sebutnya lagi.

Dalam acara MTQ itu hadir, Lurah Gurun Panjang, Ruswan, Lurah Bukit Nenas, Abdul Gani, Tokoh Masyarakat, Tokoh Agama dan tamu undangan lainnya.(adl/Diskominfo)