DUMAI—Untuk meningkatkan daerah sadar wisata, Pemerintah Pusat telah menggelontorkan Dana Alokasi Khusus (DAK) kepada Pemko Dumai sebesar Rp.600 juta. Dana sebesar itu dipergunakan untuk mengadakan pelatihan peningkatan Sumber Daya Manusia.

“Jadi, uang sebesar itu nantinya untuk mengadakan pelatihan-pelatihan kepariwisataan Sumber Daya Manusia,” jelas Kepala Dinas Kepemudaan, Olah Raga dan Pariwisata (Diskopar) Kota Dumai, H. Fauzi Efrizal, S.Sos, M. Si kepada infopublik.dumaikota.go.id, Jum’at (19/4).

Nantinya, setelah lebaran usai,  Diskopar Kota Dumai akan mengadakan Pelatihan kepada seluruh personil tour travel dan hotel-hotel yang ada di Kota Dumai. “Tujuannya, bagaimana setelah pelatihan tersebut, mereka sadar akan wisata di Kota Dumai dan selalu ramah menyambut turis-turis yang datang ke Kota kita,” sebutnya.

Bukan hanya itu,  dengan adanya pelatihan tersebut, mudah-mudahan arus wisata di Kota Dumai akan meningkat dari tahun ke tahun. “ Dan menurut data dari Imigrasi Kota Dumai, data arus wisatawan  Manca Negara yang datang ke kota kita selalu meningkat,” ujarnya.

Menurut data, Jumlah Wisatawan Domestik yang datang ke Kota Dumai pada tahun 2018 sebanyak 33.572 orang  yang sebelumnya pada tahun 2017 hanya sebanyak 32.825 orang.

“Sedangkan data turis manca negara yang masuk  pada tahun 2018 ke Kota Dumai sebanyak 12.908 orang yang sebelumnya pada tahun 2017 sebanyak 12.515 orang. Sedangkan untuk tahun 2019, data belum masuk,” tambahnya lagi. (adl/adhl/Diskominfo).