DUMAI — Untuk meningkatkan kemakmuran masjid yang ada di Kota Dumai, Seketariat Daerah Kota Dumai melalui Bagian Kesejahteraan Rakyat menjalankan program Pelatihan Manajemen Masjid tepatnya di Masjid Habiburahman, 02 April 2019. Dalam acara itu, tampak hadir pengurus-pengurus masjid yang ada di Kota ini untuk mengikuti pelatihan tersebut.

Dalam kata sambutanya, Pj. Sekda H. Hamdan Kamal mengatakan, sebagaimana diketahui, Fungsi utama Masjid sebagai tempat ibadah, tentu saja harus diisi dengan berbagai kegiatan yang bernuansa keagamaan. “Shalat, dzikir, dan kegiatan membaca Al-Qur’an, adalah bagian dari upaya memakmurkan Masjid sebagai tempat ibadah kepada Allah SWT,” ujarnya.

Namun demikian, lanjutnya, Masjid sebagai pusat peradaban umat harus lebih diberdayakan melalui berbagai kegiatan keumatan yang dapat menciptakan dan membawa kemaslahatan umat dan memancarkan Islam sebagai rahmat bagi semesta alam.

Selain itu, beliau mengatakan, masjid dapat juga berfungsi sosial dan dapat didayagunakan untuk memberantas kemiskinan, kebodohan, dan membasmi kedangkalan iman.

Harapannya, dengan bertambah jumlah masjid di Kota Dumai, tentunya harus diringi dengan tingkat kesolehan dan kesejahteraan masyarakat muslim, terlebih lagi dari kalangan generasi muda yang masih belum maksimal dirasakan keberadaannya dalam memakmurkan masjid. “Ini tentunya menjadi perhatian kita bersama,” tegasnya lagi.

Dalam acara Pelatihan Manajemen Masjid, tampak hadir Rektor Institut Agama Islam Tafaqquh Fiddin, H. Ahmad Roza’i Akbar, S.Ag., MH, Kepala Bidang Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syari’ah Kanwil Kementrian Agama Propinsi Riau, Drs. H. Afrialsah Lubis, M.Pd dan tokoh tokoh agama lainnya.(adl/Diskominfo)