DUMAI—Maraknya peredaran Narkoba, membuat instansi terkait harus pasang panggar untuk membendung peredaran zat yang dapat merusak susunan syaraf otak dan gangguan kesehatan lainnya. Sebagai tanda peduli, kali ini di Hotel Grand Zuri, 31 Maret 2019, Kepolisian Resort Kota Dumai mengadakan Penyuluhan Bahaya Narkoba di Lingkungan Keluarga.

“Jadi jangan biarkan keluarga kita jadi korban, Mari kita memberantas penyalahgunaan narkoba dengan berbasis pada ketahanan keluarga. Media, baik cetak maupun elektronik, mempunyai peran yang sangat besar untuk memberikan penyadaran akan berbagai bahaya narkoba”, jelas Walikota Dumai, H Zulkifli As didepan para tamu undangan yang hadir.

Narkoba, ujarnya, amat sangat merusak generasi penerus bangsa. “ Apakah kita hanya tinggal diam dan membiarkan orang-orang yang kita kasihi, suami, isteri, anak, saudara, dan sebagainya menjadi korban? Tentu tidak !,”tegasnya”.

Beliau menjelaskan, Narkoba adalah bahan atau zat yang berbahaya, apabila masuk ke dalam tubuh, tentunya akan mempengaruhi tubuh, terutama otak atau susunan saraf pusat, sehingga menyebabkan gangguan kesehatan fisik, psikis, dan fungsi sosial.

Untuk itu, ia menghimbau untuk dapat membendung bahaya narkoba ini melalui kegiatan pembinaan, penyebaran poster poster, sosialisasi, sarasehan, dan lain-lain. pencegahan lainnya dapat dilakukan melalui pengendalian dan pengawasan jalur resmi dan jalur peredaran gelap narkoba.

Misalnya melakukan razia di tempat-tempat yang diduga kuat menjadi “sarang” narkoba, memperketat pengawasan di bandara, dan lain-lain. Namun demikian tindakan represif penegakan hukum terhadap penyalahgunaan yang sudah terjadi juga tetap harus digalakkan “Dan saya sangat mendukung kegiatan penyuluhan ini,” ujarnya lagi. (adl/Diskominfo)