Dumai – Demi menjaga keakuratan data kependudukan khususnya dalam mengelola data kependudukan di Kampung KB,  Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPPKB) Kota Dumai mengadakan Pelatihan Pengelolahan Data dan Pembuatan Profil Rumah Data Kependudukan Di Kampung KB.

Wakil Walikota (Wawako) Dumai, Eko Suharjo, S.E yang turut membuka acara tersebut menyampaikan, dalam rangka implementasi di tingkat daerah, telah diatur dalam Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang pemerintah daerah pasal 12 yang menyebutkan bahwa program pengendalian penduduk dan keluarga berencana menjadi salah satu urusan pemerintah.

“Oleh karena itu stake holder dan mitra kerja wajib mengimplementasikan kerjasama pendidikan kependudukan baik melalui jalur formal, informal dan non formal”, katanya di Ruangan Media Center, Kamis (28-3-2019).

Sementara itu, Ketua Koalisi Kependudukan Indonesia (KKI) Kota Dumai, Hj. Haslinar. S.Sos., M.Si  menyampaikan, untuk mencapai hasil yang maksimal dalam menyelesaikan permalahan kependudukan, perlunya sinergitas dan dukungan semua instansi yang tergabung dalam KKI Kota Dumai yang merupakan mitra pemerintah.

Jadi program ini bukan hanya di laksanakan oleh instansi yang ditunjuk saja, yakni Dinas Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana tapi juga didukung oleh instanis lain yang tergabung didalam KKI”. Ujar Haslinar.

Hj.Haslinar menambahkan, dukungan ini dalam bentuk banyak hal. “Antara lain berkolaborasi bersama dalam membangun Kampung KB dan kami juga mendukung Program Sekolah Siaga Kependudukan”,sebutnya.

Sementara itu Direktur Pendidikan Kependudukan BKKBN RI Ahmad Taufik, S.Kom., MAP  yang turut hadir dalam acara tersebut menyampaikan, pembangunan kependudukan dilaksanakan dengan fokus utama  penduduk sebagai pusat pembangunan  yaitu, baik sebagai pelaku maupun penerima manfaat pembangunan”, jelas Taufik .

Turut hadir Perwakilan BKKBN Provinsi Riau, para pejabat struktural dilingkup Pemerintah Kota Dumai, Camat dan Lurah Kampung KB Se-Kota Dumai, Ketua GOW Dumai, Dharma Wanita Persatuan, Ketua IKD, TP – PKK Kota hingga Kelurahan, Kepala Puskesmas dan Para Kepala Sekolah Siaga Kependudukan se-Kota Dumai, Pokja Kampung KB, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda, Insan Pers, Para Pengurus Koalisi Indonesia untuk Kependudukan dan Pembangunan Kota Dumai.(Jfr/Diskominfo).