DUMAI – Pemerintah Kota Dumai akan terapkan Smart Lighting atau Penerangan Jalan Umum (PJU) Pintar. Smart Lighting otomatis akan memangkas biaya PJU.

Demikian ungkap Walikota Dumai Drs H Zulkifli AS MSi saat menghadiri acara pengukuhan Pengurus Forum Pembauran Kebangsaan Lembaga Kerukunan Keluarga Masyarakat Dumai di gedung Pendopo baru-baru ini.
“Smart Lighting merupakan program Pemerintah Kota Dumai. Nanti akan dibuat Master Plannya,” kata Zul As.
Menurut Walikota, Smart Lighting dapat menghemat anggaran daerah. Sebab dengan diterapkannya Smart Lighting otomatis akan memangkas biaya PJU.
“Smart Lighting akan memberikan keuntungan dari sisi penghematan penggunaan energi dan akuntabilitas penggunaan daya yang berkaitan dengan rekening listrik,” terang Wako.
“Dan dengan program Smart Lighting, PJU bisa dikontrol secara otomatis dan terkoneksi di internet, sehingga kami bisa mengontrol penggunaan lampu lalu disesuaikan titik mana yang mendapat prioritas penerangan,” terangnya lagi.
Untuk mendapat pengelolaan yang baik, Smart Lighting akan diarahkan kepada sektor swasta sebagai operator.
Saat ini progress yang sudah dicapai masih dalam perencanaan dan menyusun DED, menghitung berapa PJU yang dimiliki serta apa saja komponen yang diperlukan dan kebutuhan lainnya.
“Untuk pelaksanaannya sendiri tergantung hasil studi kelayakan teknis, yang dalam waktu dekat akan membicarakan MoU antara pihak ke tiga dengan Pemerintah,” tutupnya.(hms)