DUMAI – Memanfaatkan aset tidur (lahan kosong) di Jalan Puteri Tujuh Dumai, Pertamina bina Kelompok Tani Setia Kawan yang beranggotakan masyarakat Lansia atau lanjut usia di bidang pertanian berbasis buah.
Melalui program CSR Pertamina RU II memberikan bantuan tanaman buah seperti Jambu Madu, Durian, Kelengkeng, Buah Naga, Rambutan, Mangga dan lainnya.
Lahan yang akan dimanfaatkan kelompok tani Setia Kawan seluas 25 Ha namun yang baru di garap sekitar 3 Ha berlokasi di bilangan Puteri Tujuh Kecamatan Dumai Timur.
Kegiatan penanaman secara simbolis dilakukan oleh GM Pertamina RU II Otto Gerentaka didampingi Unit Manager Comm & CSR RU II, Muslim Dharmawan, Kepala Dinas Pertnian dan Ketahanan Pangan Kota Dumai Hadiyono dan undangan lainnya, Jumat (14/12/2018).
GM Pertamina RU II Otto Gerentaka mengatakan, Pertamina sebagai BUMN bertanggungjawab memberikan kepedulian terhadap masyarakat sekitar melalui program CSR.
“Program ini merupakan progran pemberdayaan masyarakat dengan memanfaatkan aset milik Pertamina yang sebelumnya menjadi lahan tidur atau tidak digunakan,” katanya.
Dengan adanya penanamam pohon buah-buahan itu diharapkan agar lahan yang belum termanfaatkan menjadi lebih produktif.
Program ini aekaligus, membantu masyarakat khususnya kelompok tani untuk meningkatkan perekonomia. Lalu membantu mensukseskan program pemerintah dalam memenuhi kebutuhan buah-buahan segar di Kota Dumai.
“Kita berharap, nantinya lahan pertanian ini bisa semakin berkembang sehingga menjadi kebun buah yang bisa dimaksimalkan untuk memenuhi kebutuhan buah di Dumai. Ini pilot projek, jika berhasil, akan kita jadikan pilot projek,” harapnya.
Terpisah, Unit Manager Communication and CSR RU II Muslim Dharmawan mengatakan, program ini dijalankan oleh 24 orang petani lansia berasal dari Kelurahan Teluk Binjai dan Tanjung Palas yang tergabung dalam Kelompok Tani Setia Kawan.
“Selain bantuan pinjam pakai lahan, Pertamina juga membantu dalam bibit tanaman dan sarana prasarana pertanian,” katanya.
Beberapa jenis tanaman yang ditanam diatas lahan seluas 3 Ha dari total keseluruhan 25 Ha itu adalah varian buah Durian, Buah Naga, Mangga, Kelengkeng, Rambutan dan Jambu Madu,” pungkasnya.
Sementara itu Kepala Dinas Ketahanan pangan dan pertanian Kota Dumai Hadiyono mengaku sangat berterimakasih kepada Pertamina RU II Dumai yang sudah mau membina kemlompok tani Kota Dumai.
“Bersama Pertamina kita akan membentuk kelompok tani dan ini merupak pilot projek kita bersama Pertamina dalam melakukan pembinaan bagi kelompok tani Dumai gna mencapai swasembada buah,” ujar Hadiono.
Diharapkan kelompok tani ini dapat berkembang sehingga dalam melakukan pembinaan melalui dana CSR nya Pertamina dapat membina kelompok tani lainnya.(hms)