DUMAI – Walikota Dumai, Drs H Zulkifli AS MSi mengajak seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kota Dumai, mampu menggali berbagai potensi daerah yang dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Pesan itu disampaikan walikota usai memimpin rapat koordinasi bersama kepala OPD Kota Dumai di media center baru-baru ini.
“Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kota Dumai harus mampu menggali berbagai potensi daerah untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD),” kata Walikota.
Dijelaskan Wako bahwa Menurut UU No 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah, sumber pendapatan Daerah terdiri dari Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang terdiri dari hasil pajak daerah, hasil retribusi daerah, hasil Perusahaan milik Daerah, lain-lain pendapatan asli Daerah yang sah, dan Dana Perimbangan.
Atas dasar itu, PAD akan menjadi ujung tombak dalam penyelenggaraan Pemerintah Daerah seperti melaksanakan berbagai program Pembangunan.
“Apabila seluruh SKPD mampu menggali potensi yang ada, maka Pemerintah Optimis dapat meningkatkan PAD dari berbagai sektor,” harapnya.
Walikota juga meminta seluruh OPD Kota Dumai menjalankan tugas sesuai visi miai dan sesuai dengan ROJMD Dumai serta memanfaatkan dana APBD dengan benar sesuai perencanaan.
“OPD Kota Dumai juga harus bekerja maksimal sesuai dengan visi misi dan RPJMD. APBD juga harus digunakan dengan baik sesuai perencanaan dan untuk program priorita, ” pesan Walikota.
Menurut Zul As program-program yang kurang menyentuh atau tak dapat dirasakan masyarakat harus dihilangkan. Semua program yang dilaksanakan SKPD harus dapat bermanfaat dan dirasakan oleh masyarakat. Untuk itu perencanaan harus diutamakan dalam mengambil setiap kebijakan kerja.
Terakhir walikota menegaskan bahwa setiap SKPD harus mencapai targetnya masing-masing sesuai RPJMD. Hal itu penting, karena capaian kinerja Pimpinan SKPD, yang tidak dapat memenuhi target yang sudah ditetapkan akan berdampak terhadap kewibawaan Pemerintah Kota Dumai di mata masyarakat.
Maka menjadi tanggung jawab kita bersama bahwa realisasi program dan kegiatan yang dilaksanakan Pemerintah Kota Dumai diharapkan mampu menjawab aspirasi masyarakat yang sedang berkembang terutama pemenuhan kebutuhan yang menjadi prioritas.
Sebelumnya, Walikota menandatangi perjanjian kinerja bersama Kepala OPD Kota Dumai di ballroom Hotel Grand Zuri.
Usai penandatanganan perjanjian kinerja, Zul As menghimbau agar perjanjian kinerja ini dilaksanakan sebaik-baiknya dan semaksimal mungkin untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap Pemerintah Kota Dumai.(hms)