DUMAI – Pemerintah Kota Dumai menggelar bimbingan teknis (Bimtek) Jurnalistik dan Kehumasan bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kota Dumai.

Bimtek digelar di Hotel Grand Zuri Dumai, Rabu (5/12/2018). Acara dibuka oleh Asisten I Setdako Dumai H Hamdan Kamal.
“Bimtek untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) sehingga para peserta Bimtek mampu mempublikasikan program kerja di Organisasi Perangkat Daerah (OPD) tempat mereka bekerja,” kata Kepala Bagian Hubungan Masyarakat (Humas) Sekretariat Daerah Kota Dumai Riski Kurniawan.
Menurutnya, Bimtek diikuti 70 orang yang berasal dari perwakilan OPD di lingkungan Pemko Dumai.
“Bimtek juga bertujuan untuk meningkatkan sumber daya manusia di bidang jurnalistik dan kehumasan dalam rangka optimalisasi penyebaran informasi program, kegiatan dan kebijakan pemerintah daerah,” tambahnya.
Materi yang diberikan saat Bimtek itu tentang teknik penulisan berita yang disampaikan oleh nara sumber H Asril Darma dari Komisioner KPID Riau, dan Fendri Sekretaris DKP PWI Riau.
“Kita berharap, maksud dan tujuan kegiatan ini dapat tercapai yaitu untuk memberikan pelatihan dasar mengenai jurnalistik sehingga ASN dapat menjadi sumber informasi kepada publik dengan menyajikan informasi yang akurat,” harapnya.
Asisten I Setdako Dumai H Hamdan Kamal menambahkan, Bimtek ini sangat penting diselenggarakan mengingat tantangan dan tuntutan tugas dalam bidang kehumasan yang semakin meningkat.
“Maka dari itu kami berharap seluruh peserta dapat mengikuti kegiatan ini sampai selesai dan menguasai materi yang disampaikan oleh narasumber sehingga OPD memiliki pengetahuan dan keterampilan di bidang jurnalistik,” harapnya.
Adanya UU KIP memberikan perspektif baru dalam pengelolaan informasi di lingkungan pemerintah. Segala bentuk informasi yang menyangkut kepentingan publik tidak lagi bisa ditutup-tutupi, sehingga masyarakat memiliki hak untuk mengakses.
“Melalui kegiatan ini masing-masing OPD nantinya diharapkan mampu menjadi perpanjang tangan Humas untuk membuat berita dan mendokumentasikan kegiatan di lingkungan kerja masing-masing,” tambahnya.
Terakhir, Hamdan Kamal berpesan, agar seluruh peserta mengikuti kegiatan ini dengan baik agar peserta mampu membuat berita atau mampu menyampaikan informasi kepada masyarakat khususnya informasi terkait program, kegiatan dan kebijakan yang bersentuhan dengan kepentingan publik. Sehingga masyarakat menerima informasi terkait program Pembangunan Pemko Dumai baik yang sudah terlaksana maupun yang akan dilaksanakan.(hms)