DUMAI – Untuk mencegah banjir Pemerintah Kota Dumai segera meluncurkan program Jumat pagi bersih lingkungan atau disebut dengan ‘Jumpa Berlian’.

Hal itu disampaikan Sekda Kota Dumai HM Nasir MP baru-baru ini.
“Untuk mencegah banjir Pemerintah Kota Dumai segera meluncurkan program Jumat pagi bersih lingkungan atau disebut dengan Jumpa Berlian,” kata Sekda.
Menurut Sekda, program tersebut untuk membangkitkan semangat gotong royong masyarakat. Tidak hanya orang tua, program tersebut menyasar anak-anak sekolah, jadi anak sekolah dilibatkan untuk mensukseskan program itu agar Dumai bersih dan bebas banjir.
Masih kata Sekda, selain akibat air pasang, banjir juga disebabkan tersumbatnya drainase oleh sampah dan sedimen, untuk itu kegiatan gotong royong harus digalakkan untuk membersihkan sampah dan mengangkat sedimen dari dalam parit.
Pemerintah Kota Dumai juga telah mengusulkan normalisasi sungai Dumai ke Pemerintah Pusat. DED dan FS atau Dokumen Studi Kelayakan sudah disampaikan ke Menteri PU dan Perumahan Rakyat di Jakarta.
“Normalisasi sungai Dumai juga diperlukan untuk mencegah pendangkalan akibat sedimen atau hendapan lumpur. normalisasi salah satu cara yang sangat efektif untuk mencegah terjadinya banjir akibat air pasang dan hujan,” terang Sekda.
Dinas PU Kota Dumai telah membuat pemetaan daerah rawan banjir terutama di wilayah-wilayah yang dialiri Sungai Dumai.
Selain untuk mengatasi banjir, normalisasi sungai Dumai juga untuk memperindah sungai mempercantik estetika kota.
Selanjutnya, Pemerintah akan menjadikan sungai Dumai sebagai objek wisata air sebab memiliki potensi cukup besar jika dikelola dengan baik.(hms)