DUMAI – Tinta cetak KTP elektronik di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Dumai habis. Akibatnya Pemerintah Kota Dumai tidak bisa mencetak KTP.
Namun Pemerintah Kota Dumai tetap memberikan solusi bagi warga yang ingin mengurus identitas diri, Disdukcapil memberikan surat keterangan atau Suket.
Kepala Disdukcapil Dumai Suardi S.Sy mengatakan, pasokan ribbon sudah habis sejak Oktober 2018 lalu.
“Pasokan Ribbon habis sejak Oktober lalu sehingga kami tidak bisa mencetak KTP elektronik. Untuk sementara, kami memberikan surat keterangan atau Suket,” kata Suardi, Senin (26/11/2018).
Warga Dumai harus menanti proses cetak KTP Elektronik hingga awal 2019. Sebab pemerintah masih menunggu pengadaan Ribbon dari Kementerian.
Suadi menyebut bahwa untuk sementara warga bisa memakai surat keterangan atau suket untuk keperluan Administrasi hingga enam bulan ke depan.
Suardi mengaku pihaknya sudah menerbitkan 1000 lebih surat keterangan. Suket bisa digunakan jelang proses cetak e KTP rampung.
“Masyarakat agar bersabar. Pelayanan rekam data diri masih bisa dilakukan. Jadi kami tetap layani rekam data diri, setelah ribbon tersedia KTP elektronik akan segera kami cetak, untuk sementara kami akan mengeluarkan Suket,” harapnya. (hms)