DUMAI – Taruna dan Taruni Akademi Angkatan Laut (AAL) Tingkat IV Angkatan ke-64 Tahun 2018 berhasil memukau warga Dumai saat melaksanakan Pagelaran Seni di Taman Bukit Gelanggang Jalan HR Subrantas Dumai, Rabu (14/11/2018) malam.
Pagelaran seni dihadiri Pjs Komandan Pangkalan Angkatan Laut (Danlanal) Dumai Kolonel Laut (P) Agung Jaya Saktika, Wakil Walikota Dumai Eko Suharjo SE dan Kepala OPD di lingkungan Pemko Dumai, Komandan Satgas Perwira Pelaksana Latihan Jala Yudha 2018 Letkol Laut (P) Filda Malari, Forkopimda dan undangan lainnya.
Pantauan dilapangan, ribuan warga Dumai memadati Taman Bukit Gelanggang untuk menyaksikan pertunjukan Pagelaran Seni oleh Taruna dan Taruni Akademi Angkatan Laut.
Kegiatan tersebut merupakan rangkaian kegiatan Satuan Latihan (Satlak) Praktek Jalayudha Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) Tingkat IV Angkatan ke-64 Tahun 2018 di Kota Dumai 12 – 16 November 2018.
Sebelum ke Dumai, para Taruna menempuh perjalanan dari Surabaya dan Lampung, selanjutnya ke Dumai. Dari Dumai para Taruna akan menuju Ranai, Palembang dan kembali ke Surabaya. Mereka akan menempuh perjalanan selama 30 hari dengan menggunakan KRI Abdul Halim Perdanakusuma nomor lambung 355 dan KRI Teluk Banten nomor lambung 516.
122 Taruna dan Taruni Akademi Angkatan Laut unjuk kebolehannya pada acara pagelaran seni, seperti menampilkan tarian daerah, menyanyi, memainkan alat musik tradisional, kabaret dan kegiatan lainnya.
Komandan Satgas Perwira Pelaksana Latihan Jala Yudha 2018 Letkol Laut (P) Filda Malari menjelaskan, pagelaran seni bertujuan untuk mempromosikan keberadaan taruna AAL agar pemuda pemudi memiliki animo besar untuk bergabung dengan AL.
Dijelaskannya, Satuan Latihan (Satlak) Praktek Jalayudha Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL) Tingkat IV Angkatan ke-64 Tahun 2018 merupakan latihan tingkat akhir selama menjalani pendidikan di Akademi Angkatan Laut.
“Mereka akan dilantik pada Juli 2019 mendatang. Ini latihan terakhir untuk mengaplikasikan seluruh ilmu yang didapat selama menjadi siswa di Akademi AL,” tambahnya
Dan selama di kapal perang, para Taruna/Taruni akan melaksanakan berbagai peran. Mereka akan bertugas sebagai asisten perwira jaga darat dan jaga laut serta memahami peran, fungsi dan tanggung jawab departemen sesuai korps masing-masing.
Sementara, Wakil Walikota Dumai merasa bangga melihat pertunjukan Akademi Taruna AAL melalui kegiatan pagelaran seni.
“Selamat datang ke Kota Dumai. Saya atas nama Pemko Dumai menyambut gembira kedatangan Taruna AAL Tingkat IV Angkatan ke-64 Tahun 2018.” Kata wawako
Lanjutnya, Kami merasa bangga karena Dumai terpilih menjadi Pusat Pelatihan Pelayaran Jalayudha bagi 122 Taruna AAL Tingkat IV Angkatan 64 Tahun 2018.
“Saya berharap, apa yang menjadi tujuan dari dilaksanakannya kegiatan ini dapat terlaksana dengan baik,” harapnya.(hms)