Dumai – Dahlia Warga Rukun Tetangga (RT) 05 Kelurahan Bagan Besar, Kecamatan Bukit Kapur, Kota Dumai, merasa senang atas pemberian bantuan dari Pemko Dumai melalui Dinas Sosial, BPBD, BAZNAS, Camat Bukit Kapur dan warga setempat, Jumat (09/11/2018).

Terlihat keceriaan terpancar dari raut wajah Dahlia (64) dan anaknya yang merupakan korban bencana kebakaran rumah Selasa (6/11/18) pukul 19.40 wib kemarin, ketika disambangi Wakil Walikota Dumai, Eko Suharjo SE beserta jajarannya langsung datang ke lokasi yang hanya terlihat puing- puing sisa kebakaran.
Rombongan tersebut memberikan bantuan kepada korban kebakaran dari Pemerintah kota Dumai melalui Dinas Sosial, BPBD kota Dumai dan Camat Bukit Kapur serta BAZNAS.
Kasi Pemberdayaan Masyarakat dan Kessos Kelurahan Bagan Besar, Ratna Ulfa S,Kom mendampingi keluarga Dahlia korban yang rumah beserta barang-barangnya hangus terbakar mengaku senang dengan kehadiran Wakil Walikota Dumai Eko Suharjo, Kepala Dinas Sosial, Hasan Basri, S.Kom, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Camat Bukit Kapur, Bustamam yang memberikan bantuan dari Pemko langsung turun ke lokasi kebakaran.
“Iya Pak, saya dan kekuarga sangat merasa senang akan perhatian pemerintah, dengan memberikan bantuan langsung. Karena beban akan kebutuhan bahan pokok dan selimut serta tikar alas tidur sedikit terbantu dan terpenuhi untuk kebutuhan kami saat ini,” ujar Dahlia.
Dia juga mengatakan, bantuan yang diberikan pemerintah saat ini, sudah lumayan sangat membantu bagi mereka akan kebutuhan sembako mereka dalam satu minggu, karena mereka sudah tidak mempunyai apa-apa lagi untuk kebutuhan sembako dan peralatan dapur serta barang-barang lainnya.

Wakil Walikota Dumai Eko Suharjo berharap bantuan yanh diberikan ini dapat meringankan para korban musibah kebaran meski disadari apa yang diberikan oleh Pemko Dumai dan Baznas ini belum bisa sepenuhnya membantu korban.

“Kami berharap bantuan ini dapat membantu dan korban dapat bangkit serta menjalakan hari-hari kedepannya. Ini merupakan musibah yang harua kita hadapi,” ujarnya

Sementara itu sekretaris Kelurahan Bagan Besar, Selamat Riyadi S.sos menjelaskan, bantuan dari Dinas Sosial dan BPBD berupa sembako seperti beras, mie instan, telor, sarden kaleng dan lainnya. Sedangkan bantuan sumber daya dari APBN seperti selimut, peralatan dapur, tikar dan pakaian serta beberapa keperluan rumah tangga lainya. Sedangkan dari BAZNAS uang sebesar 1 juta rupiah dan Camat Bukit Kapur sebanyak 1000 keping batu bata dan kota amal warga 500 keping batu bata.
Selain itu pihak Kelurahan saat ini akan bekerja sama dengan berbagai pihak termasuk dengan LPMK dan ketua RT yang turut serta mengalangkan dana bantuan yang rencananya membangun rumah untuk keluarga Dahlia yang dilalap si jago api tersebut merupakan rumah bantuan layak huni tahun 2012. ” Maka agar korban kembali memiliki tempat tinggal berupaya semaksimal untuk kembali membangunkan,” ungkap Slamet. (hms)