DUMAI – Tim anggaran pemerintah daerah Pemerintah Kota Dumai bersama Badan Anggaran DPRD setempat mulai membahas rancangan anggaran pendapatan dan belanja daerah Tahun 2019, dan diprediksi besaran meningkat dibanding 2018.

Wali Kota Dumai Zulkifli As mengatakan, APBD Dumai 2019 diprediksi meningkat dari tahun 2018 yang ditetapkan sebesar Rp1,065 triliun, diharap proses pembahasan bersama ini berjalan baik tanpa kendala.
“Tim anggaran dan badan anggaran sudah membahas bersama rancangan kebijakan umum anggaran dan prioritas plafon anggaran sementara tahun 2019, dan diharapkan berjalan lancar,” kata wali kota pada pers, Jumat.
Wako Dumai targetkan pembahasan Rancangan APBD 2019 ini secepatnya rampung pekan depan, mengingat sudah mendekati penghujung 2018 agar program kerja pemerintah dan pembangunan bisa dimulai awal tahun.
Prediksi terjadi peningkatan dalam APBD 2019, lanjutnya, karena meningkatnya pendapatan asli daerah, dana bagi hasil dan sisa lebih pembiayaan anggaran.
“Kita harap secepatnya pembahasan rampung dan segera dapat digunakan untuk program pembangunan dan nyata di tengah masyarakat,” sebut Zulkifli.
Sebelumnya, Wako Zulkifli menyebutkan, serapan belanja daerah pada Tahun Anggaran 2018 hingga periode triwulan ke 3 telah mencapai 60 persen dari total anggaran.
Kepala daerah optimis serapan APBD Dumai bisa maksimal hingga akhir tahun nanti karena masih ada sejumlah kegiatan belum jalan dan sedang dalam tahap proses pelaksanaan.
“Serapan anggaran mencapai 60 persen ini dianggap wajar dan cukup dengan melihat indikator penyerapan anggaran yang sudah ada,” ungkapnya.
Sedangkan sisa 40 persen serapan anggaran sebagian besar berasal dari kegiatan fisik dan kemajuannya sudah melalui tahapan proses dan mulai pelaksanaan pekerjaan.(hms)