Dumai- Pertamina Refinery Unit (RU) II Dumai kembali melanjutkan Program Corporate Social Responsibility (CSR), kali ini Pertamina RU II melaksanakan program pengembangan masyarakat berbasis bank sampah di Kelurahan Jaya Mukti Kecamatan Dumai Timur.

Melalui Program tersebut Pertamina memberikan bantuan sebesar Rp 200 juta untuk bangunan pusat pengolahan sampah yang diberi nama Bank Sampah Berlian di Jalan Cemara Kelurahan Jaya Mukti Kecamatan Dumai Timur, Rabu (31/10/2018).
Pertamina juga memberikan bantuan mesin pencacah sampah dan alat pendukung lainnya.
Bantuan itu untuk menjawab tingginya volume sampah rumah tangga di Kota Dumai khususnya di Kelurahan Jaya Mukti. Juga sebagai kepedulian Pertamina RU II terhadap lingkungan.
Bantuan secara simbolis diserahkan oleh Muslim Dharmawan selaku Unit Manager Communication & CSR RU II kepada ketua Bank Sampah Berlian dilanjutkan penandatanganan Prasasti sekaligua meresmikan Bank Sampah Berlian.
Acara dihadiri walikota Dumai Drs H Zulkifli AS MSi, Kepala Dinas Lingkungam Hidup Kota Dumai Satrio Wibowo, Perwakilan Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Riau, Camat Dumai Timur, Lurah Jaya Mukti dan undangan lainnya.
Dalam sambutannya, Walikota Dumai mengapresiasi Pertamina RU II Dumai yang telah melaksanakan program pengembangan masyarakat berbasis bank sampah.
“Atas nama Pemko Dumai saya mengapresiasi Pertamina RU II Dumai yang telah melaksanakan program pengembangan masyarakat berbasis bank sampah, artinya Pertamina peduli terhadap lingkungan,” kata Walikota.
Menurut walikota, keberadaan Bank Sampah Berlian di Kelurahan Jaya Mukti tentunya dapat mengurangi sampah rumah tangga yang jumlahnya mencapai 160 ton perhari.
“Bank sampah Berlian diharapkan mampu mengurangi angka sampah rumah tangga yang mencapai 160 ton per hari,” tambahnya.
“Bank Sampah Berlian akan kita jadikan pilot projek. Jika ini berhasil akan dijadikan percontohan untuk diterapkan di kelurahan lainnya,” sebut Wako.
Terakhir wako mengajak masyarakat agar membuang sampah pada tempatnya. “Buanglah sampah pada tempatnya, jangan membuang sampah sembarangan,” pungkasnya.
Muslim Dharmawan selaku Unit Manager Communication & CSR RU II Dumai mengatakan, Pertamina RU II membantu Rp 200 juta untuk membangun Bank Sampah Berlian
“Kami menggandeng Dinas Lingkungan Hidup untuk melakukan monitoring perkembangan bank sambah Berlian. Kami juga akan memberikan pendampingan agar mereka mampu mengolah sampah dengan baik dan benar,” kata Muslim.
Salah satu tujuan kegiatan ini untuk mengurangi sampah rumah tangga disamping dapat menekan angkan pengangguran juga untuk meningkatkan pendapatan masyarakat dari sisi ekonomi.
Pertamina juga akan terus memberikan pelatihan dan sosialisasi bank sampah kepada masyarakat agar dapat dijalankan bersama dengan baik dan mendukung program kebersihan lingkungan.
“Mudah-mudahan konsep Bank Sampah ini menjadi berkah mampu menambah nilai ekonomis. Dan kami juga berharap ini menjadi pilot projek untuk dikembangkan di Kelurahan lain,” harap Muslim.(hms)