Dumai – Meski hujan teduh silih berganti, 1.130 anggota Pramuka Penegak Pandega Riau yang mengikuti upacara pembukaan Raimuna Daerah (Raida) ke-IV Riau tahun 2018 di Dumai tak beranjak dari lokasi upacara yang digelar di halaman Kantor Walikota Dumai, Ahad 28 Oktober 2018 pagi.

Diantara ribuan peserta dalam dua upacara digelar bergantian ini, yaitu Upacara Memperingati Hari Sumpah Pemuda dimulai pukul 08.00 WIB, kemudian upacara pembukaan Raida tadi termasuk juga Pramuka Penegak Pandega Kwartir Cabang (Kwarcab) 0404 Gerakan Pramuka Bengkalis.
Tepat pukul 08.19 WIB, Walikota Dumai Drs. H. Zulkifli, As, M. Si menyampaikan kata sambutan Menpora Imam Nahrawi yang berpesan agar pemuda bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, cerdas, kreatif, inovatif, mandiri, demokratis, bertanggung jawab, berdaya saing serta memiliki jiwa kepemimpinan, kewirausahaan, kepeloporan dan kebangsaan berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia.
“Pesatnya teknologi informasi ibaratnya dua mata pisau, satu isi ianya memberikan jaminan cepatnya informasi sehingga memungkinkan pemuda kita untuk meningkatkan kapasitas pengetahuan dalam mengembang sumber daya serta daya saing. Namun, perkembangan ini mempunyai dampak yang negatif. Informasi-informasi yang bersifat destruktif mulai hoax lipstik dengan mudahnya apabila kaum muda tidak dapat membendung dan filter ilmu pengetahuan serta kedewasaan dalam berbangsa dan bernegara,” kata Walikota Dumai membacakan sambutan yang di depannya para peserta disirami air dari gerimis hujan pukul 08.24 WIB kala itu.
Sementara itu, Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) 04 Riau, Kak H. Azali Johan saat memberikan sambutan pelaksanaan Raida ke-IV Riau mengatakan, “Kami yang berada di hadapan adik-adik saat ini akan meninggalkan jabatan-jabatan dan kedudukan-kedudukan, adik-adiklah yang akan menggantikan menjadi walikota, camat, gubernur, menteri dan jenderal-jenderal memimpin bangsa dan negara yang kita cintai ini
Pukul 09.53 WIB, kembali gerimis yang lumayan deras membasahi peserta. Spontan Walikota Dumai mengungkapkan rasa salutnya melalui pengeras suara.
Pantauan di lapangan saat berita ini ditulis terlihat Syahrul Rizuan, Muhammad Aji dan Arfan dari Sangga Pencoba tengah melakukan persiapan mengikuti Mural Painting melukis Pramuka Jaman Now.(hms)