Dumai- Walikota Dumai Drs H Zulkifli AS MSi menyerahkan bantuan Sapi kepada Kelompok Tani Melati di Kelurahan Batu Teritip Kecamatan Sungai Sembilan, Kamis (25/10/2018) lalu.

Hal itu disampaikan Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Dumai Hadiyono, Senin (29/10/2018).
“Kamis pekan kemarin Walikota Dumai Drs H Zulkifli AS MSi menyerahkan bantuan sapi kepada kelompok tani Melati di Kelurahan Batu Teritip Kecamatan Sungai Sembilan. Program ini untuk meningkatkan populasi Sapi di Dumai,” kata Hadiyono.
Hadiyono menjelaskan, bantuan sapi diterima oleh kelompok tani Melati di Kecamatan Sungai Sembilan. Jumlah sapi yang diserahkan sebanyak 25 ekor Sapi bali usia 8 bulan hingga 1 tahun.

“Jumlah Sapi yang diserahkan sebanyak 25 ekor jenis sapi bali usia 8 bulan hingga 1 tahun lebih. Program tersebut merupakan program bergulir yang telah berjalan sejak 2006,” terangnya.
Di berharap bantuan ternak bagi masyarakat ini, mampu menopang pendapatan masyarakat dalam bidang peternakan.
“Dan ke depan penerima bantuan benar-benar memanfaatkannya dan mengelola dengan baik agar kelompok tani Melati mampu menopang pendapatan masyarakat dalam bidang peternakan,” harapnya.
Menurut Hadiyono, anggota Kelompok Tani Melati sebanyak 25 orang, berarti masing-masing anggota kelompok tani menerima 1ekor sapi.
Selain memberi bantuan 25 ekor sapi, Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Dumai juga melakukan pengawasan dan pendampingan terhadap para anggota kelompok tani. Tujuannya agar berhasil dalam mengembangkan ternak sapi.
Sebab program ini merupakan program bergulir dimana penerima bantuan wajib mengembalikan sapi tersebut dalam bentuk anak untuk diserahkan kepada kelompok tani lainnya di Dumai.
Maka dari itu kami melakukan pengawasan dan pendampingan terhadap para anggota kelompok tani. Tujuannya agar berhasil dalam mengembangkan ternak sapi,” pungkasnya.(hms)