DUMAI – Walikota Dumai Drs H Zulkifli AS MSi didampingi Sekretaris Daerah Kota Dumai Ir HM Nasir, MP, MH, MT memimpin langsung gotong royong (Goro) membersihkan drainase di sepanjang Jalan Cempedak Kelurahan Rimba Sekampung Kecamatan Dumai Kota, Sabtu (13/10/2018) akhir pekan kemarin.

Jalan tersebut dipilih karena menjadi lokasi terparah dilanda banjir akibat tingginya curah hujan dan meluapnya air laut akibat pasang keling. Banjir menggenangi badan jalan hingga betis orang dewasa. Tidak hanya di Jalan Cempedak, Goro juga dilakukan sampai ke gang-gang di sepanjng jalan tersebut.
Pantauan di lapangan, banjir juga diperparah dengan tersumbatnya sejumlah selokan akibat sampah dan sedimentasi.
Dua unit alat berat diturunkan dalam kegiatan ini, satu unit eskavator untuk mengangkat sedimen dan satu unit buldoser untuk mengeruk sampah dari dalam drainase, mobil truck untuk mengangkut sampah ke tempat pembuangan akhir (TPA) dan puluhan petugas dari Dinas Perkim dan PUPR Pemko Dumai dibantu masyarakat sekitar.
“Banjir diperparah dengan tersumbatnya sejumlah selokan akibat sampah dan sedimentasi. Saya berharap Goro ini dapat mengatasi banjir,” kata Sekda.

Pada hari ini, tambah Sekda, semua sampah dan sedimen diangkat menggunakan alat berat agar aliran air lancar. Dan terbukti setelah dilaksanakan Goro, jalannya air jadi lancar dan genangan air cepat surut.
Untuk itu ia mengimbau kepada seluruh lapisan masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan.
“Saya imbau masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan. Buanglah sampah pada tempat yang telah disediakan. Saya juga mengimbau masyarakat agar rutin melaksanakan Goro, khususnya Goro membersihkan saluran drainase agar saat terjadi hujan deras Dumai tidak kebanjiran,” imbaunya.

Terkait banjir dua hari belakangan ini, Sekda menyebutkan, salah satu penyebab banjir karena hujan deras bersamaan dengan terjadinya pasang air laut atau yang dikenal dengan pasang keling.

“Banjir juga disebabkan pasang keling. Curah hujan tinggi di tambah pasang air laut mengakibatkan air meluap dan terjadi banjir,” pungkasnya.

Walikota Dumai Drs H Zulkifli AS MSi pada kesempatan itu mengajak seluruh lapisan masyaraat Kota Dumai bersama-sama melaksanakan kegiatan gotong royong.
“Untuk mencegah terjadinya banjir di musim hujan, saya mengajak seluruh lapisan masyaraat Kota Dumai bersama-sama melaksanakan kegiatan gotong royong,” ajak walikota.

“Curah hujan belakangan hari ini sangat tinggi, maka dari itu mari kita tingkatkan semangat gotong royong guna mengantisipasi banjir,” tambahnya.

Masih kata walikota, gotong royong bisa dilakukan mulai dari rumah sendiri seperti membersihkan drainase dari sedimen atau endapan lumpur dan mengangkat sampah dari dalam drainase agar tidak menyumbat aliran air.
Parit yang tersumbat dapat menghambat aliran air menuju ke pembuangan akhir akibatnya air hujan menggenang dan banjir.(hms)