Dumai- Pemerintah Kota Dumai melalui Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Dumai kembali akan melakukan perbaikan terhadap bangunan astaka MTQ ke-36 Provinsi Riau yang ada di Kota Dumai.

Meski telah sempat dilakukan perbaikan paska pengrusakan yang dilakukan orang yang tidak dikenal, pihak PUPR akan mengajukan anggaran perbaikan melalui APBD perubahan Kota Dumai.
Kabid Cipta Karya PUPR Riau, Satria mengaku sudah pernah melakukan perbaikan terhadap kerusakan sejumlah titik dibangunan astaka MTQ tersebut. “Sudah pernah kita lakukan perawatan astaka tersebut di bulan Juni lalu bersama rekanan namun kembali dirusak oleh orang tak dikenal,” ujarnya.
Ditambahkan pria yang disapa Rio tersebut, dilihat dari kondisi bangunan kerusakan diperkirakan 5 persen dari bangunan. Bagian yang jadi target pengrusakan yakni dinding dan atap yang terbuat dari GRC yang sengaja kita tempah sebagai relif untuk mempercantik bangunan astaka yang menghabiskan anggaran pembangunan sekitar Rp1,35 miliar tersebut.
“Jangan dibilang bangunan tersebut tidak sesuai bastek. Bangunan astaka tersebut rusak karena tangan jahil orang tak bertanggungjawab dan hasil pemeriksaan BPK juga mengatakan kalau bangunan tersebut sudah sesuai dengan ketentuan yang ada,” tambah Rio.
Untuk memperbaiki sejumlah kerusakan ini, kita akan mengganggarkannya di APBD perubah Kota Dumai dan saat ini kita masih melakukan infentarisir dan menghitung anggaran untuk kita majukan ke APBD P Kota Dumai, lanjutnya.
Kita akan berkoordinasi bersama DLH sebagai pengelola Taman Bukit Gelanggang dan Satpol PP selaku pihak yang bertanggungjawab menjaga aset daerah Kota Dumai. Selain itu kita juga akan upayakan pengadaan CCTV untuk memantau kegiatan yang ada di Taman Bukit Gelanggang tersebut, urai Rio.
Untuk kerugian akibat kerusakan ini diperkirakan sebesar Rp 50 juta namun bisa kemungkinan bertambah karena kita masih dalam proses infentarisir.(hms)

Leave a Reply

Your email address will not be published.
You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>