Dumai- Danrem 031/Wirabima Brigjen TNK Sonny Aprianto secara resmi membuka pelatihan penanggulangan bencana alam tahun anggaran 2018, Rabu (19/09/2018) di Markas Kodim 0320/Dumai.
Selaku instpetur upacara pembukaan dalam pelatihan itu Dandrem 031/Wirabima itu menyampaikan bahwa pelatihan yang dilakukan untuk mempersiapkan kesiapan prajurit dan membantu pemerintah daerah dalam menanggulangi bencana alam.
“Melalui latihan penanggulangan bencana alam Korem 031/WB siap melaksanakan tugas bantuan pemerintah daerah dalam rangka menanggulangi terjadinya bencana alam terutama di Provinsi Riau,” ujar Danrem 031/Wirabima.
Disampaikannya, berdasarkan hasil evaluasi dalam menanggulangi bencana alam yang terjadi khususnya di Provinsi Riau, dinilai kurangnya kesiapan prajurit mengatasi bencana alam terutama Kebakaran hutan dan lahan(Karhutla).
Untuk itu lanjut Brigjen Sonny, melalui latihan yang dilaksanakan dapat memberikan pemahaman dan kemampuan dengan cepat menangani ketika terjadinya Karhutla yang terjadi akibat ulah tangan manusia, baik disengaja maupun tidak disengaja.
“Provinsi Riau terdapat beberapa daerah yang menjadi rawan terjadinya Karhutla, meski demikian kita berharap melalui latihan ini para prajurit dapat melaksanakan latihan ini dengan baik dan selalu melakukan koordinasi dengan instansi terkait selama pelatihan,” pungkasnya.

Sementara itu Walikota Dumai H. Zulkifli As usai kegiatan mengatakan sangat menyambut baik kegiatan pelatihan penanggulangan bencana ini.

“Kita harap kegiatan pelatihan ini personil gabungan TNI, Polri, BPBD, Manggala Agni dan instansi terkait lainnya dapat pembekalan tentang kesiapsiagaan dalam melakukan penangganan bencana di Kota Dumai,” kata Zulkifli As singkat.

Selaian itu pembekalan pelatihan kali ini diharapkan dapat membekali personil yang ada terutama dalam menghadapi masalah karlahut yang menjadi bencana asap maupun banjir yang selama ini menjadi langganan di Dumai, pungkas Wako. (hms)

Leave a Reply

Your email address will not be published.
You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>