DUMAI – Walikota Dumai, H Zulkifli AS meninjau langsung pembangunan jalan lingkar Parit Kitang Lubuk Gaung yang akan menghubungkan simpang batang Kecamatan Dumai Selatan menuju kawasan Industri di Kecamatan Sungai Sembilan, Kamis (16/8/2018) lalu.

Jalan lingkar Parit Kitang Lubuk Gaung sepanjang 20 km baru rampung sekitar 4 km. Setelah terhenti sejak 2016, tahun ini Pemerintah Pusat kembali mengucurkan anggaran sekitar Rp 3,1 Milyar melalui Dana Alokasi Kusus (DAK) APBN 2018.

Dana tersebut digunakan untuk melanjutkan jalan tersebut yaitu penimbunan jalan sepanjang 800 meter, lebar 21 meter dengan ketebalan 45 centimeter. Setelah selesai jalan tersebut akan menjadi akses bagi truk tangki pengangkut Crude Palm Oil (CPO) menuju kawasan Lubuk Gaung.

Usai melakukan peninjauan Walikota mengatakan, pada umumnya pelaksanaan pekerjaan jalan parit kitang cukup baik.

“Alhamdulillah progesnya berjalan cukup baik, tidak ada kendala yang berarti,” kata Walikota di lokasi proyek.

Setelah selesai, jalan lingkar parit kitang akan menjadi akses mobil truk pengangkut CPO menuju kawasan industri di Kelurahan lubuk gaung kecamatan Sungai Sembilan. Saat ini mobil-mobil CPO masih melalui jalan di Kelurahan Purnama dan sangat rawan kecelakaan karena harus berbagi jalan dengan masyarakat.

Diakui Walikota, pembangunan jalan lingkar butuh proses dan waktu yang cukup lama, pasalnya pengerjaan jalan tersebut sangat sulit sebab gambutnya dalam tanahnya juga masih labil.

“Untuk itu butuh spesifikasi khusus seperti cakar ayam dan tapak gajah. Selain itu, agar tanah timbuh tidak menyatu dengan gambut kita menggunakan Geotekstil,” terangnya.

“Setelah peninjauan ini, kita akan koordinasikan ke pusat terkait proges pelaksanaan pekerjaannya. Kita juga berharap dukungan pusat melalui dana APBN agar jalan lingkar segera selesai karena jalan lingkar ini adalah satu jalan strategis menuju Kawasan Industri Lubuk Gaung,” harapnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.
You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>