Dumai – Jelang hari Raya Idul Adha 1439 Hijriah, Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kota Dumai mulai lakukan pemeriksaan sejumlah hewan kurban yang ada di Kota Dumai, Selasa (14/08/2018) pagi. Pemeriksaan itu melibatkan 10 orang dokter hewan.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Dumai, Hadiyono menyebut ada 50 orang tergabung dalam tim pemeriksaan hewan kurban di Dumai dan termasuk para dokter yang bertugas memeriksa kondisi kesehatan hewan kurban secara menyeluruh.

“Pada tahap awal kami menyasar tempat penjualan hewan kurban di Kecamatan Dumai Barat. Pemeriksaan ini berlangsung secara bertahap,” papar Hadiyono usai pemeriksaan hewan kurban.

Menurutnya, proses pemeriksaan kesehatan berlangsung selama lebih dari satu pekan. Mereka melakukan pemeriksaan secara bertahap karena ada sejumlah gelombang kedatangan sapi dari sejumlah daerah. Pihak dinas melakukan pemeriksaan di seluruh kecamatan.

Mereka menyasar pengepul dan pedagang hewan kurban di Dumai. Tim juga menyisir ke lokasi pemotongan hewan kurban pada momen Idul Adha nanti.

Hadiyono menegaskan kepada para penyelenggara kurban, agar menyemblih hewan yang memiliki Surat Keterangan Kesehatan Hewan (SKKH). Saat ini ia memastikan mayoritas hewan kurban di Kota Dumai sehat. Ia menegaskan agar sapi kurban harus memenuhi syarat kesehatan.(hms)

Leave a Reply

Your email address will not be published.
You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>