DUMAI – Walikota Dumai yang diwakili Oleh Sekretaris Daerah Kota Dumai Ir.H.M. Nasir, MP membuka secara resmi Edukasi dan Sosialisasi Otoritas Jasa Keuangan, Industeri Jasa Keuangan dan Waspada Investasi Ilegal di Kota Dumai. Selasa (31/07) Ballroom Hotel Comforta Jl. Jenderal Sudirman.

Dalam Undang-Undang Nomor 21 Tahun 2011 tentang Otoritas Jasa Keuangan (UU OJK), wewenang dan tugas OJK adalah mengawasi Lembaga Jasa Keuangan (LJK) di sektor pasar modal, sektor industri keuangan non bank (seperti : asuransi, dana pensiun, perusahaan pembiyaan, dll) dan mulai tahun 2014 juga akan mengawasi sektor perbankan (Bank Umum dan Bank Perkreditan Rakyat).

Sambutan Kepala OJK Provinsi Riau Bapak Yusri menyampaikan kegiatan Edukasi dan Sosialisasi ini didasari oleh hasil survei OJK dan hasil survei Bank Dunia tahun 2013, Provinsi Riau dari dua belas Kab/Kota, setelah berbagai pertimbangan, Kota Dumai terpilih untuk dilaksanakanya kegiatan sosialisasi ini. Dikerenakan Kota Dumai merupakan daerah strategis dan pintu masuk menuju ke ibukota Provinsi Riau.

Pada tahun 2013 indeks literasi keuangan 21,84% dan indeks inklusi keuangan 59,74%. Dengan demikian telah terjadi peningkatan pemahaman keuangan (well literate) dari 21,84 persen menjadi 29,66 persen, serta peningkatan akses terhadap produk dan layanan jasa keuangan (inklusi keuangan) dari 59,74 persen menjadi 67,82 persen.

Tahun 2016 OJK kembali melakukan survei untuk mengukur efektivitas implementasi SNLIK 2013 yang telah dilakukan dan memetakan kembali tingkat literasi dan inklusi keuangan masyarakat terkini. Survei tahun 2016 mencakup 9.680 responden di 34 provinsi yang tersebar di 64 kota/ kabupaten di Indonesia dengan mempertimbangkan gender, strata wilayah, umur, pengeluaran, pekerjaan, dan tingkat pendidikan.

Dengan hasil survei tersebut, OJK bersama IJK menyusun Strategi Nasional Literasi Keuangan Indonesia (SNLKI) yang didalamnya terdapat berbagai macam program strategis dan program inisiatif yang bertujuan untuk lebih meningkatkan literasi dan inklusi keuangan masyarakat.

Kegiatan edukasi keuangan sejak tahun 2013 s.d. 2016 telah dilaksanakan di 144 kota dengan frekuensi sebanyak 289 kegiatan. Selain itu juga dalam rangka meningkatkan literasi keuangan di kalangan pelajar dan mahasiswa, OJK juga telah menyusun dan meluncurkan buku seri literasi keuangan untuk jenjang pendidikan formal mulai tingkat SD, SMP, SMA dan Perguruan Tinggi.

Sedangkan, pelaksanaan program inklusi keuangan dilaksanakan dalam melalui program perluasan akses keuangan, seperti Laku Pandai, Jaring dan Laku Mikro, maupun melalui pengembangan produk mikro, seperti tabungan SimPel, asuransi mikro, reksadana mikro, yuk nabung saham dan nabung emas.

OJK sebagai anggota Dewan Nasional Keuangan Inklusif juga menyelenggarakan kegiatan inklusi keuangan dalam bentuk sinergi aksi bersama-sama kementerian/lembaga terkait, seperti pengembangan Sinergi Aksi Untuk Ekonomi Rakyat, Sinergi Aksi Mendorong Akses Keuangan Untuk Rakyat, Gerakan Nasional Menabung dan program penyaluran bansos secara non tunai.

Selanjutnya, Sambutan Walikota Dumai yang di sampaikan oleh Sekdako Dumai Ir.H.M. Nasir, MP menyampaikan, selaku Pemerintah Kota Dumai menyambut baik atas pelaksanaan kegiatan ini, dengan adanya kegiatan tersebut, kita semua baik peserta dapat mengetahui informasi penting sehingga kita dapat memilih dan memanfaatkan produk layanan jasa keuangan sesuai dengan kebutuhan masing-masing.

Eksklusivitas keuangan dapat memperlebar kesenjangan sosial, tidak mendukung penurunan kemiskinan dan pertumbuhan ekonomi, serta meningkatkan inefisiensi secara nasional.

Kemudian, kebutuhan akan perluasan akses keuangan menjadi hal yang tidak dapat ditunda lagi, oleh karena itu, pada tahun 2016 yang lalu, Pemerintah melalui Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian telah menerbitkan Perpres Nomor 82 tahun 2016 tentang Strategi Nasional Keuangan Inklusif (SNKI). Diharapkan dengan adanya peraturan ini dapat membantu Pemerintah mencapai target inklusi keuangan 75 persen pada akhir tahun 2019 nanti.

Peserta dihadiri oleh para pelaku pelayanan jasa keuangan perbankan, Dosen, Mahasiswa dan Pelajar, kemudian acara ditutup dengan penyerahan cinderamata serta foto bersama. (hms).

Leave a Reply

Your email address will not be published.
You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>