DUMAI – Pertamina Refinery Unit II Dumai melakukan launching lima program CSR pada pilar kesehatan untuk masyarakat Ring 1 di Kelurahan Tanjung Palas dan Kelurahan Jaya Mukti Kecamatan Dumai Timur, Kamis (26/7/2018).

Kegiatan ditandai dengan seremonia pamberian bantuan Rp 642.662.000 melalui program CSR kesehatan, diantaranya adalah Program Posyandu Sehati, Program Penambahan Alat Kesehatan, Program Penyehatan Drainase, Program Bank Sampah, dan Program Parilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS).

Disusul dengan kegiatan penyuluhan makanan sehat dan pelatihan kader Posyandu Sehati yang dipusatkan di aula Kantor Kecamatan Dumai Timur.

Pjs General Manager Pertamina RII Dumai Joko Pranoto mengungkapkan bahwa sebagai Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang bertanggung jawab untuk memproduksi energi dalam bentuk minyak dan gas, Pertamina juga menjalani tanggung jawab sosial terhadap kelangsungan hidup masyarakat sekitar, salah satunya pada bidang kesehatan.

“Selain memastikan produksi bahan bakar tetap terjaga, kami juga perlu memastikan kelangsungan hidup masyarakat Ring I Partamina RU II dalam keadaan baik, terutama kesehatannya. Perwujudannya adalah berbagai program CSR kesehatan yang kami jalankan,” kata Joko.

Sementara, Unit Manager Communication & CSR RU II, Taufikurachman menjelaskan kelima program CSR kesehatan yang dijalankan di antaranya adalah Program Posyandu Sehati, Program Penambahan Alat Kesehatan, Program Penyehatan Drainase, Program Bank Sampah, dan Program Parilaku Hidup Bersih & Sehat (PHBS). Katanya

“Total dana masyarakat yang disalurkan dari lima program tersebut sebesar Rp 642.662.000 Programnya berwujud pamberdayaan, Infrastruktur maupun donasi. Namun kami pastikan manfaat semua program tersebut dapat dirasakan secara berkelanjutan untuk kesehatan masyarakat,” terang Taufikurachman.

Sementara, Jr. Officer CSR Pertemina RU II, Kevin Kurnia menambahkan setidaknya ada 65 kader posyandu dan 120 kepala keluarga yang menjadi penerima manfaat langsung dari program Posyandu Sehati dan Pragram PHBS. Sedangkan secara keseluruhan program semua masyarskat di Kelurahan Tanjung Palas dan Kelurahan Jaya Mukti merupakan penerima manfaat dari pogram-program yang
dijalankan.

“Harapannya program-program yang kami jalankan dapat meningkatkan kualitas kesehatan masyarakat Ring 1 dan dapat mewujudian masyarakat yang mandiri nantinya,” tutup Kevin.

Bantuan secara simbolis diterima oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota Dumai H Paisal SKM MARS di Aula Kantor Camat Dumai Timur.

Atas bantuan tersebut Paisal mengucapkan terimakasih kepada Pertamina RU II Dumai yang telah peduli dengan cara menyalurkan bantuan Kesehatan Masyarakat bagi Masyarakat Ring I.

Dikatakan Paisal, masih ada sasaran lain, di Dumai ada 10 Pusmesmas, 500 Posyandu dan masih butuh bantuan. “Saya berharap dengan adanya bantuan ini pelayanan di posyandu lebih optimal lagi,” harap Paisal.(hms)

Leave a Reply

Your email address will not be published.
You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>