DUMAI- Gubernur Riau (Gubri) Arsyadjuliandi Rachman ingin antara Politeknik Kelautan dan Perikanan bersama Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Perikanan Kota Dumai bersinergi, ciptakan Sumber Daya Manusia (SDM) yang handal.

Menurut Gubri, bagi lulusan SMK baik mereka yang ingin meneruskan ke jenjang lebih tinggi terlebih perekonomiannya kurang mampu, bisa menjadikan Politeknik Kelautan dan Perikanan di Dumai menjadi solusinya.

“Bagaimana antara SMK dan Politeknik ini disinerikan. Ini akan dibicarakan oleh dinas terkait bersama pihak sekolah dan Politekhnik,” kata Gubri yang akrab disiapa Andi Rachman, Selasa (24/7/18).

Orang nomor satu di Riau ini menilai, baik SMK Perikanan dan Politeknik mau pun Politeknik ini sama-sama memiliki potensi sebagai lembaga pendidikan. Namun alangkah lebih baik lagi jika antara sekolah kejuruan dan sekolah tinggi ini bisa saling bersinergi.

Sehingga standar yang harus dicapai anak didik di SMK ini untuk memasuki Politekhnik nantinya bisa dicapai.

“Sayang potensi yang ada di sini tak dilanjutkan ke pendidikan lebih lanjut, terutama SMK ini. Kan ada di Dumai ini sudah ada Politeknik yang mengadopsi pelajaran yang sama,” ujar Andi.

Adapun selama berkunjung ke kota minyak ini, Andi beserta sejumlah kepala dinas yang turut hadir melakukan kunjungan ke SMK Perikanan dan Politeknik Perikanan dan Kelautan.

Di Politeknik, Andi menyempatkan pertemuan civitas akademika beserta pelajar Politeknik Kelautan dan Perikanan Kota Dumai. Begitu juga di SMK yang berlokasi di Cendrawasih.

Kelurahan Laksamana, juga menyempatkan berbincang bersama guru dan pelajar di sana. Selain itu, Andi juga sempat mengunjungi Balai Latihan Kerja (BLK) di Jalan Gatot Subroto.

Turut hadir Sekretaris Kota (Seko) Kota Dumai HM Nasir, Danlanal Dumai Yose Aldino, Kepala Dinas Pendidikan Riau Rudyanto, Kepala Dinas Perhubungan Riau M Taufiq OH, Kepala Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) Riau Rasyidin Siregar.(hms)

Leave a Reply

Your email address will not be published.
You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>