Dumai- Pemerintah Kota Dumai melaksanakan prosesi Walimatus Safar terhadap 184 jemaah calon haji Kota Dumai sebelum diberangkatkan ke embarkasi Batam pada Jum’at (27/7/2018).

Prosesi Walimatus Safar yang merupakan pelepasan para jemaah calon haji Dumai dengan melakukan tradisi tepuk tepung tawar ini dilaksanakan di Gedung Sri Bunga Tanjung, Senin (23/7/2018) yang langsung dipimpin oleh Walikota Dumai H. Zulkifli As.

Wali Kota Dumai, Zulkifli AS dalam sambutannya berpesan agar para JCH asal Dumai menjaga kesehatan selama beribadah di tanah suci dan menjaga kebersamaan selama ditanah suci mekah baik sesama kloter maupun 2 jemaah haji lainnya yang terpaksa bergabung dengan kloter lainnya.

“Terus jaga kesehatan dan kekompakan selama menjalakan ibadah haji dan bangun komunikasi bersama jemaah haji lainnya. Para jemaah haji tidak perlu cemas bisa mengalami ganggung kesehatan karena selama akan didampingi tenaga medis yang akan memantau kondisi kesehatan para jemaah haji Dumai meski tenaga medisnya dari Kuansing dan itu sama saja,” ujar Zulkifli As.

“Jadi jangan khawatir, kami berharap seluruh JCH bisa jalani ibadah dalam kondisi sehat,” tambahnya.

Walikota Dumai dalam kesempatan itu juga meminta para JCH asal Dumai bisa mendoakan agar Dumai mendapat berkah. “Doakan juga masyarakat Dumai, agar bisa ikut berangkat ke tanah suci,” paparnya.

Sementara itu perwakilan Kantor Kemenag Dumai, Zulkifli Hasibuan mengatakan bahwa para JCH sudah menjalani serangkaian persiapan jelang berangkat ke tanah suci. Mereka sudah menjalani pemeriksaan kesehatan hingga manasik haji. Manasik haji berlangsung secara bertingkat hingga tingkat kota.

“Kami berpesan agar menjaga diri selama beribadah haji nanti. Perlu diketahui saat ini kondisi cuaca di tanah suci mencapi 42 derajat celcius dan ini harus disikapi oleh para JCH,”ujar Zulkifli Hasibuan.

Perbanyak minum air putih selama disana agar terhindar dari dehidrasi dan rutin memeriksa kesehatan ke tim medis kalau memang mengalami kendala kesehatan selama menjalankan ibadah haji.

Sementara itu JCH yang akan berangkat ke tanah suci berjumlah 184 orang dengan 85 JCH pria dan 95 wanita.

Jemaah termuda yakni Ziaul Jannah berusia 33 tahun dan JCH tertua yakni Siti Safinah yang berusia 78 tahun warga Sungai Sembilan yang merupakan ibu rumah tangga.

Jemaah haji Dumai akan diberangkatkan terpisah. Dimana 182 jemaah calon haji Dumai akan bergabung di kloter 9 bersama jemaah haji asal Kabupaten Kuansing yang akan berangkat ke embarkasi Batam pada 27 Juli 2018 mendatang dan 2 JCH tergabung dengan kloter 16 yang akan berangkat pada tanggal 28 Juli 2018.

Direncanakan para jamaah haji Dumai ini akan kembali ke tanah air pada 6 September 2018 setelah menjalani semua prosesi haji.(hms)

Leave a Reply

Your email address will not be published.
You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>