DUMAI – Kepala Dinas Pekerjaan Umum Dumai Mohammad Syahminan menyebutkan, penyehatan perusahaan daerah pengolah air minum dilakukan dengan mengandeng Badan Pengembangan Sistem Penyediaan Air Minum (BPSPAM).

Kerjasama ini dalam rangka peningkatan kualitas dan pelayanan air bersih dikelola perusahaan daerah untuk melayani kebutuhan air bersih warga.

“Perhatian pemerintah pusat sangat diapresiasi dalam membantu peningkatan pelayanan penyediaan air bersih, dan untuk penyehatan perusahaan daerah, kita bekerjasama dengan bp spam,” kata Syahminan.

Disebutkan, kebutuhan dasar air bersih ini mendapat perhatian pemerintah pusat karena Dumai masuk satu daerah rencana strategis, dan BP-SPAM memberi pendampingan dan membantu pengawasan serta mendorong peningkatan kualitas.

Disamping itu, upaya tengah dilakukan Pemerintah Dumai saat ini dalam pelayanan air bersih ialah fokus mendata kebocoran pipa dan sambungan liar ke rumah masyarakat.

“Direncanakan pada Agustus atau September 2018 dimulai pengerjaan fisik, dan kita berharap pelayanan air bersih dapat berjalan baik,” ujarnya.

Perwakilan BP-SPAM MH Limbong berharap bisa membantu Dumai dalam memberikan pelayanan dasar air bersih untuk kebutuhan warga, sesuai fungsi untuk memberikan pendampingan dan peningkatan.

“Kita melihat juga karena ada keseriusan wali kota dalam pengadaan air minum ini,” kata Limbong pada pers.Diharapkan juga kedepan tidak ada lagi penyedotan air bawah tanah karena bisa merusak lingkungan dan membuat permukaan tanah makin turun.

Upaya Pemkot Dumai dalam pengembangan SPAM melalui kerjasama pemerintah dengan badan usaha dinilai dapat dijalankan secara optimal di 2019 dan menambah bahan baku air.(HMS)

Leave a Reply

Your email address will not be published.
You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>