Dumai- Sekretaris Daerah Kota Dumai, HM Nasir menyebut bahwa butuh anggaran besar untuk tangani banjir di Kota Dumai yang selama ini menjadi program perhatian walikota Dumai dan wakil walikota Dumai.

Program pengentasan banjir secara keseluruhan di Kota Dumai ini nyatanya membutuhkan anggaran yang sangat besar dan bisa mencapai Rp1 Triliun agar Dumai benar-benar bebas banjir.

Anggaran yang mencapai Rp1 Trilun itu hampir menyamai dengan 1 tahun anggaran pendapatan belanja daerah (APBD) Kota Dumai dan ini menjadi kesulitan sendiri pemerintah dalam mengatasi masalah banjir.

Sejumlah trobosan juga dibuat oleh pemerintah Kota Dumai untuk mengatasi permasalahan banjir ini diantaranya dengan melakukan jemput bola yakni meminta bantuan pemerintah pusat dan bahkan melihat peluang bantuan hibah dari lembaga internasional.

” Sedikitnya butuh anggaran Rp1 triliun untuk mengatasi banjir di Kota Dumai. Anggaran yang fantastis ini untuk membiayai penanganan banjir dari hulu hingga hilir. Program pengentasan banjir tidak cuma untuk proses normalisasi Sungai Dumai saja,”kata Sekda Kota Dumai HM. Nasir.

“Kita juga membangun turap, taman hingga penataan bangunan di tepi aliran sungai,” terangnya, Jum’at (29/6/2018).

Menurutnya, program pengentasan banjir saat sudah melalui tahap perencanaan dan proses berlanjut dari Amdal, Detailed Engineering Design (DED) hingga revisi master plan.

Ia menyebut bahwa perencanaan pencegahan banjir ini menyasar sejumlah titik rawan banjir di Kota Dumai.(hms)

Leave a Reply

Your email address will not be published.
You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>